Kamis, 13 Juli 2017 19:19 WIB

Genjot Sektor Pariwisata, KAI Bakal Bangun Jalur Kereta Api Menuju Danau Toba

Editor : Hendrik Simorangkir
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro menyatakan pihaknya siap untuk ikut andil dalam membangun jalur kereta api menuju Danau Toba, Sumatra Utara. Hal ini demi mendukung sektor pariwisata dalam negeri.

Menurutnya, rute tersebut merupakan rute strategis dan bagus untuk dilewati. Terlebih lagi, kawasan tersebut merupakan kawasan wisata. "Siap dong. Karena itu kan rute bagus," kata Edi di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Pembangunan ini sudah dilirik oleh investor asal Tiongkok untuk menggarap jalur kereta api di wilayah Danau Toba. 

Tak tanggung-tanggung, nilai investasi yang akan digelontorkan oleh penanam modal negeri Tirai Bambu itu ditaksir mencapai USD 10 miliar atau Rp 13,3 triliun.

Edi menuturkan, jalur kereta api yang rencananya akan dibangun di rute Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi-Pematangsiantar, hingga kawasan Danau Toba itu memiliki prospek yang baik dari sisi keekonomian. Badan Usaha Milik Negara itu pun tertarik untuk ikut serta.

"Itu rute bagus sekali. Tidak untuk penumpang saja, tapi untuk angkutan barang juga. Karena itu melewati daerah perkebunan," ujarnya.

Meski demikian, ia menjelaskan, sejauh ini belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai rencana pembangunan rel tersebut. Menurutnya, hal ini masih menjadi bahan diskusi pemerintah.

"Kalau saya baca, kelihatannya sedang dilanjutkan pembicaraan dengan Tiongkok. Mudah-mudahan cepat," pungkasnya. (ist)


0 Komentar