Jumat, 14 Juli 2017 14:30 WIB

Parade Batik akan Digelar di Jakarta

Editor : Hendrik Simorangkir
Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Yayasan Batik Indonesia akan menggelar parade batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh 2 Oktober mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mendukung digelarnya parade batik ini. Terlebih, saat ini batik dinilai sudah membudaya, memasyarakat dan telah diakui sebagai warisan budaya dan tradisi tanah air Indonesia.

"Hanya tentang hari batiknya saja yang belum tersosialisasi dengan baik. Makanya kita upayakan ada parade batik Indonesia dengan momentum hari batik ini," kata Djarot di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (14/7/2017).

Menurutnya, saat ini di beberapa daerah, batik lokal sudah berkembang, termasuk di Jakarta. Bahkan kerajinan batik terus dikembangkan dengan melatih penghuni rumah susun (rusun).

"Saya senang sekali sekarang sudah tumbuh batik lokal, terutama motifnya. Di Jakarta sudah dikembangkan bagi penghuni rusun," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiati menuturkan, parade batik akan diikuti ratusan orang. Semula parade dimulai dari Gelora Bung Karno. Namun, dipersingkat mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Sarinah.

Tinia menambahkan, selain parade nantinya juga akan ada vertikal fashion show di gedung Sarinah. Model yang digunakan berasal dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia. 

"Jadi nanti akan ada model yang akan fashion show secara vertikal dengan menggunakan batik," pungkasnya. (ist)


0 Komentar