Kamis, 20 Juli 2017 07:36 WIB

Penyebab Rasa Ngantuk Muncul Setelah Makan Siang

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilusrasi tidur di kantor setelah makan siang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Rasa kantuk kerap muncul setelah makan siang.

Kondisi ini pun bisa dialami oleh siapa saja dan menyebabkan terganggunya aktivitas. Namun waspadalah, pasalnya hal ini menandakan Anda dalam keadaan tidak bugar.

"Kalau habis makan siang lalu merasa ngantuk atau lemas itu artinya tidak bugar. Bugar dan sehat itu berbeda," papar spesialis gizi klinik dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Dr dr Samuel Oetoro, Ms, SpGK(K).

Menurut dr Samuel, bugar merupakan kondisi di mana tubuh merasa aktif di waktu siang hingga malam hari. "Jadi yang bugar itu tubuh dari siang sampai malam masih on. Nggak loyo," jelasnya.

Sementara nutrisionis Luke Coutinho mengatakan, mengantuk setelah makan siang bisa terjadi karena beberapa hal.

Pertama karena makanan yang dikonsumsi saat itu, seperti porsi berlebihan dan menjadi kekenyangan sehingga munculnya rasa kantuk setelah makan siang. 

"Ketika Anda makan lebih banyak dari jumlah yang diperlukan tubuh, maka gula darah akan meningkat tajam. Saat ini terjadi, pankreas pun akan menghasilkan lebih banyak insulin. Dengan sekresi peningkatan insulin, tubuh memproduksi hormon rileks (serotin dan melatonin) yang memicu rasa kantuk," kata Coutinho seperti dilansir dari Times of India. 

Selain konsumsi makanan secara berlebihan, terlalu banyak makan tinggi karbohidrat sederhana juga bisa memicu kantuk.

Pasalnya saat mengonsumsi makanan tersebut, sistem pencernaan menggunakan 60-75 persen dari energi tubuh untuk mencerna makanan.

Akibatnya, tubuh akan mengalihkan banyak energi dari bagian lain untuk kerja sistem pencernaan.

"Hal ini membuat Anda merasa mengantuk, karena tubuh menghabiskan terlalu banyak energi dalam mencerna makanan. Bukan hanya makanan tinggi karbohidrat, makan berlebihan makanan tinggi protein juga bisa memberikan efek yang sama," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar