Jumat, 21 Juli 2017 07:51 WIB

Gelandang Hotspur Jadi Pemain Muda Termahal di Dunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli, diklaim sebagai pemain muda dengan harga paling mahal di dunia saat ini. 

Soccerex 20 Under 21 melaporkan, harga Alli saat ini mencapai 73,6 juta poundsterling. Harga Alli lebih mahal sekitar 18,6 juta poundsterling dari striker AS Monaco, Kylian Mbappe (55 juta poundsterling). 

Posisi pemain muda termahal berikutnya pemain depan Borussia Dortmund, Ousmane Dembele senilai 54,3 juta poundsterling.

Nilai tersebut dihitung berdasarkan usia, posisi klub saat ini, masa kontrak, persepsi nilai pasar dan piala internasional. 

Harga Alli terus meningkat setelah musim keduanya yang cukup impressif bersama Spurs. Gelandang Spurs itu sudah menyarangkan 18 gol dalam 37 penampilannya di Liga Primer.

Dele Alli juga berhasil memenangkan penghargaan PFA Young Player of the Year dua tahun berturut-turut.

Alli dibeli Spurs dari MK don dengan harga 5 poundsterling pada Januari 2015 lalu. Setahun setelah berkostum Spurs, harga Alli meroket menjadi  44,8 juta poundsterling.

Alasan mengapa harganya melonjak di atas Mbappe, karena Alli bermain lebih banyak ketimbang Mbappe.  Total selama musim lalu, Alli bermain sebanyak 3,044 menit. Sedang Mbappe hanya 1,499 menit.

Alli yang memakai nomor punggung 20 ini merupakan salah satu dari dua pemain Inggris yang masuk dalam daftar pemain muda termahal. 

Satu pemain muda Inggris lainnya yang masuk jajaran pemain muda dengan harga tinggi, yakni striker Manchester United, Marcus Rashford.

Pemain berusia 19 tahun itu berada di urutan ketujuh dengan nilai 36,2 juta poundsterling. Harga Rashford naik dari musim lalu sekitar 20 juta poundsterling.

Pemain muda termahal berikutnya diisi pemain Manchester City, Leroy Sane (45,5 juta poundsterling), pemain belakang Real Madrid Marco Asensio (38 juta poundsterling) dan rekan setimnya di Sane City, Gabriel Jesus (37,9 juta poundsterling).

Selain itu, kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma (36 juta poundsterling), pemain belakang Leipzig, Timo Werner (31,7 juta poundsterling) dan pemain sayap Bayern Munich, Kingsley Coman (31,1 juta poundsterling).

Rangking 10 pemain muda dengan harga tinggi itu berasal dari lima liga terbesar di Eropa, yakni Bundesliga, Liga Primer, La Liga, Ligue 1 dan Serie A. Secara keseluruhan, pemain Prancis, Jerman dan Spanyol memimpin dalam 20 besar.(exe/ist)


0 Komentar