Selasa, 25 Juli 2017 08:31 WIB

Inggris Gelar Solidaritas untuk Masjid Al-Aqsa

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi suasana di kompleks Masjid al-Aqsa. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kelompok aktivis Inggris, Sahabat al-Aqsa, memanggil semua orang untuk berdoa untuk keselamatan Masjid al-Aqsa.

Aksi itu muncul sebagai reaksi atas tindakan brutal tentara pendudukan Israel terhadap warga Israel yang melakukan aksi protes di dekat kompleks Masjid al-Aqsa.

Doa yang dipersembahkan untuk Al-Aqsa akan berlangsung pada hari Senin (24/07/2017) saat salat Subuh di 16 kota di Inggris, termasuk Bolton, Bradford, Coventry, Edinburgh, Glasgow, Huddersfield, Leicester, Luton, Manchester, Newcastle, dan Sheffield.

Dengan berlanjutnya pelanggaran oleh pasukan Israel, Sahabat of Al-Aqsa meminta semua orang untuk menghadiri acara ini atau mengadakan acara serupa di wilayah mereka seperti dikutip dari Middle East Monitor.

Sementara itu, Paus Francis menggunakan misa hari Minggu untuk berbicara mengenai kekerasan di Yerusalem dan meminta dialog dan moderasi untuk membantu memulihkan perdamaian.

Delegasi PBB Swedia, Mesir dan Prancis meminta sebuah sidang darurat Dewan Keamanan PBB untuk membahas masalah tersebut, yang akan diadakan besok. 

Liga Arab juga akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Rabu untuk membahas agresi Israel yang mengganggu status quo dari situs tersuci ketiga umat Islam itu.

Sementara itu, imam veteran Masjid Al-Aqsa dan mantan Grand Mufti, Sheikh Ikrima Sabri, mengatakan pada hari Jumat bahwa negara-negara Arab terlalu sibuk bertengkar ketimbang khawatir tentang Tempat Suci yang Mulia.

Tiga orang Israel ditikam sampai mati dalam sebuah pemukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki Israel pada hari Jumat. Aksi penikaman itu terjadi beberapa jam setelah tiga orang Palestina terbunuh dalam kekerasan yang dipicu oleh instalasi detektor logam Israel pada titik masuk ke kompleks Al-Aqsa di Kota Tua Jerusalem.(exe/ist)


0 Komentar