Selasa, 25 Juli 2017 14:40 WIB

Survei Ines: Syamsuar Dinilai Cocok Jadi Gubernur Riau

Editor : Danang Fajar
(Ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pelaksanaan pesta demokrasi yang dilakukan di Propinsi Riau tetap tidak lepas dari marketing politik. Kandidat yang tampil dalam Pemilihan Kepala Daerah Propinsi Riau tahun 2018  (pilkada) harus mampu mendapatkan simpati masyarakat.

Direktur Eksekutive Indonesia Network Election Survei ( INES)
Sutisna mengatakan berdasarkan pertimbangan tersebut, Indonesia Network Election Survei ( INES)  melaksanakan “ Survei Elektabilitas Tokoh Riau untuk Calon Bakal Gubernur Riau 2018-2023 “. 
"Ada 1984  responden dengan tingkat kepercayaan/ confidence level sebesar 95 %. Dengan Margin Error +/- 2.2%," jelas Sutisna, Selasa (25/7/2017)

Menurutnya sampel berasal dari 135 kecamatan di seluruh Kab/kota di  Propinsi Riau  , tempat lokasi rumah tangga. Dari satu rumah tangga diambil 1 anggota keluarga berdasarkan acak setiap TPS yang memenuhi syarat sebagai calon pemilih, yaitu berumur minimal 17 tahun

Hasil Temuan survey terhadap para tokoh yang di ujii, kecenderungan tingkat popularitas bakal Calon Gubernur Riau. Untuk tingkat popularitas hanya empat Tokoh yang memiliki tingkat pengenalan masyarakat Riau diatas 80 persen.

"Ahmad mantan Bupati Rohul dan pernah mencalonkan diri sebagai Cagub Riau dengan Tingkat Popularitas 85,3 persen, Arsyadjuliandi Rachman yang merupakan Gubernur Petahana 81,4 persen, Syamsuar Bupati Kabupaten Siak 81,2 persen, dan Firdaus walikota Pekanbaru 80,4m," jelasnya.

Namun secara Penerimaan (akseptabilitas)Masyarakat Riau menilai cocok tidaknya tokoh Untuk  memimpin dan  Banyak aspek yang dinilai oleh Masyarakat terhadap  kualitas, kompetensi, integritas, profesionalitas, personalitas, perilaku, prestasi, reputasi, kepemimpinan, yang akhirnya Masyarakat Riau  memberikan  penilaian terhadap para tokoh Terkait  penerimaan (akseptabilitas) pemilih terhadap para tokoh .

"Responden menjawab, Bupati Siak Syamsuar adalah tokoh yang paling diterima oleh masyarakat Riau Yaitu 84,2 persen  Septina 81,6 persen, Firdaus 81,5 persen ,Achmad 78,7 persen ,HM Harris 75,3 persen ,Arsyadjuliandi Rachman 72,3 persen,Lukman Edy 60,2 , Sementara tokoh lainnya dibawah 50 persen tingkat akseptabilitas oleh masyarakat Riau," bebernya.

Sementara jika pemilihan Gubernur hari ini maka Jawaban Responden adalah Syamsuar Bupati Siak dipilih 21,3 Persen Masyarakat Riau ,Firdaus 11,4 persen ,HM .Haris 9,9 persen ,Septina Primawati 8,2 persen ,Achmad  11,2  persen ,Lukman Edy  6,2 persen dan Gubenur Petahana Riau Arsyadjuliandi Rachman 8,3 perseb,,Indra Muchklis 5,6 persen,Istiawati ayus 2,3 persen ,Yopi Arianto 3,2 Persen,Sukarmis 2,3 Persen,Irwan Nasir 2,4 persen dan tidak menjawab sebanyak 9,5  persen," tutupnya.


0 Komentar