Jumat, 28 Juli 2017 17:33 WIB

Jumat Sore, Rupiah Melemah ke Rp 13.331

Editor : Hermawan
Ilustrasi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (28/7/2017) sore, bergerak melemah sebesar 13 poin menjadi Rp 13.331 dari sebelumnya pada posisi Rp 13.318 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendramengatakan bahwa produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat pada kuartal kedua tahun ini yang akan dirilis dengan perkiraan mencatatkan pertumbuhan menjadi salah satu faktor pendorong dolar AS.

"Proyeksi petumbuhan itu mendorong dolar AS. Jika nantinya data yang dirilis sesuai dengan proyeksi, dapat memicu penguatan lanjutan bagi dolar AS," katanya, di Jakarta, Jumat (28//7/2017).

Ia mengemukakan bahwa perekonomian Amerika Serikat diproyeksikan bertumbuh sebesar 2,5 persen pada kuartal kedua tahun ini, atau lebih baik daripada periode sebelumnya yang sebesar 1,4 persen.

Kendati demikian, menurut dia, penguatan dolar AS di pasar valas domestik itu relatif masih terbatas seiring dengan ekonomi nasional pada periode kuartal kedua tahun ini yang juga diproyeksikan positif, atau tumbuh sekitar 5 persen.

"Sentimen internal yang positif akan menarik minat investor untuk menempatkan dananya dalam aset berdenominasi rupiah," katanya.

Research Analyst FXTM Lukman Otunuga menambahkan bahwa beban bagi dolar AS untuk menguat lebih tinggi juga masih cukup besar menyusul risiko politik di Amerika Serikat yang belum kondusif.

"Risiko politik membebani dolar AS, sehingga dapat membuat mata uang di pasar negara berkembang berpotensi kembali terangkat," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada hari Jumat (28/7/2017) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp 13.326 dari nilai sebelumnya, pada Kamis (27/7/2017) sebesar Rp 13.315 per dolar AS.

 

 

sumber: antara


0 Komentar