Sabtu, 29 Juli 2017 10:42 WIB

Simpang Susun Semanggi Jadi Jembatan Lengkung Terpanjang di Indonesia

Editor : Hermawan
Simpang Susun Semanggi sepanjang 1,6 kilometer di Jakarta, Jumat (14/7/2017). (ANTARA/Sigid Kurniawan).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menobatkan Simpang Susun Semanggi sebagai jembatan melengkung terpanjang di Indonesia.

Jembatan layang yang dibangun dari dana non Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) DKI tersebut resmi diuji coba untuk kendaraan malam ini.

"Simpang Susun Semanggi ini akan tercatat dalam sejarah sebagai jembatan lengkung terpanjang di Indonesia," ujar Djarot di lokasi, Jumat (28/7/2017) malam.

Ia juga memuji konstruksi Simpang Susun Semanggi yang dibangun dengan total lengkungan sepanjang 1.622 meter ini dilengkapi ornamen betawi gigi balang dan pencahayaan menakjubkan.

"Ini semua berkat keyakinan. Kalau kita punya keyakinan, kita bisa membangun apapun juga," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal. Menurutnya, jembatan layang yang memiliki panjang 826 meter (ramp Semanggi-Bundaran HI dan 796 meter (ramp Grogol-Blok M), menjadi yang terhebat dalam sejarah.

"Karena ini dibangun bentang tanpa tiang sepanjang 80 meter di atas jalan tol. Tapi pengerjaannya tidak menutup akses tol," tandasnya. (ist)

 


0 Komentar