Minggu, 30 Juli 2017 11:49 WIB

Cina Pamer Rudal Balistik Antarbenua DF-31AG

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi rudal balistik antarbenua DF-31AG. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cina menggelar parade militer untuk menandai peringatan 90 tahun terbentuknya Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Dalam kesempatan itu, Cina untuk pertama kalinya menunjukkan rudal balistik antarbenua DF-31AG.

Parade militer yang dihelat di pangkalan militer Zhurihe di daerah otonomi Mongolia, Cina Utara itu diikuti oleh 12 ribu prajurit.

Presiden Cina, Xi Jinping, menginspeksi tentara tersebut selama parade seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (30/07/2017).

Seiring dengan rudal DF-31AG, China juga mendemonstrasikan 129 jet militer dan 571 kendaraan, seperti dilaporkan Cina Central Television. Lebih dari 40 persen kendaraan yang diperlihatkan pada parade tersebut dilaporkan hadir untuk pertama kalinya.

Sekedar informasi, DF-31AG adalah rudal balistik antar benua dengan jangkauan yang dilaporkan lebih dari 10.000 kilometer (lebih dari 6.200 mil).

Dikutip dari Reuters, ini adalah pertama kalinya Cina menandai Hari Angkatan Darat dengan sebuah para militer sejak revolusi Komunis pada 1949. Secara resmi, PLA lahir pada 1 Agustus. Ini juga pertama kalinya Jinping meninjau pasukan di lapangan seperti ini.

Jinping berulang kali berteriak, "Halo Kamerad!" dan "Kamerad, kamu bekerja keras!" lewat mikrofon di atas iring-iringan mobilnya saat musik bela diri terdengar di latar belakang.

Pasukan berteriak: "Melayani rakyat!", "Ikuti garis partai!", "Berjuang untuk menang!" Dan "Menempa menjadi teladan!".

Cina tidak pernah terlibat dalam pertempurang dalam beberapa dasawarsa dan pemerintahnya bersikeras tidak memiliki niat permusuhan, namun hanya memerlukan kemampuan untuk mempertahankan apa yang sekarang telah menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia.

Namun, Cina telah menggetarkan saraf di sekitar Asia dan secara global dengan sikapnya yang semakin asertif di Laut Cina Timur dan Selatan serta rencana modernisasi militernya.(exe/ist)


0 Komentar