Minggu, 30 Juli 2017 20:54 WIB

Jepang dan AS Tanggapi Peluncuran Rudal Balistik Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
Pesawat tempur F-2 Jepang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Jepang mengatakan akan menggelar latihan terbang gabungan dengan Amerika Serikat (AS).

Latihan itu sebagai tanggapan atas peluncuran rudal balistik antarbenua yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut).

"Di bawah kondisi keamanan saat ini setelah peluncuran rudal Korut pada 28 Juli, kami secara signifikan meningkatkan pencegahan dan menangkal potensi aliansi Jepang-AS serta menunjukkan kesediaan dan kesiapan negara kami untuk menstabilkan situasi di kawasan ini," kata Fumio Kishida seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (30/07/2017).

Menurut menteri tersebut, dua pembom B-1 AS dan dua pesawat tempur F-2 Jepang akan ikut dalam latihan tersebut.

Jet-jet tersebut terbang dari pulau Kyushu barat daya Jepang ke semenanjung Korea.

Setelah mencapai semenanjung, pesawat-pesawat Jepang kembali ke negaranya sementara pesawat pembom AS akan melanjutkan perjalanan mereka bersama dengan mitranya, Korea Selatan (Korsel).

Pada hari Jumat, Korut melakukan uji coba kedua rudal balistik antar benua dalam rentang waktu kurang dari sebulan. Menurut kantor berita pusat Korut yang dikelola negara, KCNA, pengujian tersebut berhasil dilakukan.

KCAN menyatakan rudal tersebut mencapai ketinggian 3.725 km dan menempuh jarak 998 kilometer selama sekitar 47 menit sebelum jatuh di Laut Jepang.

Setelah peluncuran rudal tersebut Presiden AS, Donald Trump mengutuk tes uji coba yang dilakukan oleh Korut. Ia juga menyatakan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mempertahankan keamanan nasionalnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, mendesak semua negara untuk mendukung sanksi PBB yang lebih kuat terhadap Korut. 

Pemerintah Jepang sendiri menganggap tes tersebut sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB dan meminta China dan Rusia untuk meningkatkan tekanan pada Pyongyang.(exe/ist)


0 Komentar