Senin, 31 Juli 2017 14:34 WIB

BSD Inisiasi Pembentukan Komunitas Pemuda Penggerak Lingkungan Melalui Festival Hijau

Editor : Hendrik Simorangkir
Festival Hijau BSD 2017. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk, menggelar Festival Hijau ke-14, guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land di bidang lingkungan.

Festival Hijau SML ke-14 yang berisikan kampanye, inisiasi, dan gerakan cinta lingkungan, mengangkat tema "Study Nature, Love Nature, Stay Close to Nature", diselenggarakan di Botanical Garden BSD City, Sampora, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (29/7/2017) - Minggu (30/7/2017).

Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawigena mengatakan, rangkaian kegiatan Festival Hijau SML ke-14 dimulai dengan memberikan pelatihan pelestarian lingkungan kepada 200 pemuda dari sejumlah sekolah menengah atas dan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Tangerang. 

Lanjutnya, pelatihan pelestarian lingkungan dalam Festival Hijau SML ke-14 dinamakan Gerakan Hijau. Selanjutnya, peserta pelatihan membentuk Komunitas Pemuda Penggerak Lingkungan yang akan dilantik oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

"Pelatihan pelestarian lingkungan dilaksanakan dalam bentuk kelas di alam terbuka. Jenis pelatihan yang diberikan adalah pembuatan sumur biopori dan takakura, pembudidayaan tanaman hidroponik, pembuatan bank sampah, composting sampah, pembibitan tanaman hias, pembuatan topi dan alat rumah tangga dari bambu," ujar Syukur.

Di samping itu, Syukur menambahkan, juga diberikan edukasi tentang reduce, reuse, recycle (3R), edukasi tentang air bersih, serta ditutup dengan outbond untuk membentuk karakter para pemuda sebagai insan yang cinta lingkungan. 

Bupati Tangerang dan Sinar Mas Land menyerahkan penghargaan kepada 10 komunitas/ormas di wilayah Kabupaten Tangerang yang selama ini memiliki andil dalam pelestarian lingkungan. Selain itu juga akan dilakukan penanaman pohon bersama, bakti sosial pengobatan gratis untuk masyarakat, serta penampilan seni dari duta lingkungan.
 
Pelaksanaan Festival Hijau SML ke-14 didukung sejumlah komunitas lingkungan, yaitu; Eksisna, Komunitas Peduli Lingkungan, Komunitas Topi Bambu, PPL, dan Rumpin Anggrek, serta mitra kerja dan sister company Sinar Mas Land, antara lain Nursery Sinarmas Land, WTP Sinarmas Land, BSD X-Treme Park, Tzu Chi Sinarmas Land, Smartfren dan Eka Hospital.


0 Komentar