Rabu, 02 Agustus 2017 10:46 WIB

Ekonom: Pemuda Tonggak Kedaulatan Ekonomi

Reporter : Bili Achmad Editor : Danang Fajar
Ahli Ekonomi, Denni Puspa Purbasari (foto: Bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Menyambut bonus demografi pada tahun 2025, Indonesia harus meningkatkan peran pemuda dalam sistem perekonomian.

Ahli Ekonomi, Denni Puspa Purbasari membenarkan langkah tersebut. Menurutnya, modal ekonomi itu bukan hanya berupa kucuran dana melainkan manusia sebagai modal terpenting.

"Makanya, visinya adalah sebagai anak muda perlu banyak mendengar, perlu banyak network. Banyaklah mendengar, lalu cari orang yang baik untuk bergerak maju," kata Denni dalam rilisnya, Rabu (2/8/2017).

Selain itu, pertumbuhan lapangan kerja juga dikatakan Denni juga perlu menjadi perhatian pemerintah. Misalnya, untuk sektor industri yang menggunakan mesin dalam proses produksi bukan berarti mengurangi jatah manusia sebagai pekerja.

"Perusahaan yang pakai mesin, tetap butuh manusia untuk jadi operator. Ada marketingnya, ada kebutuhan manusia juga. Misal sektor kerajinan tangan, kan gak bisa pake mesin, makanya karakter industri itu berbeda-beda," jelasnya

Terakhir, Denni berharap, pemerintah dapat memperhatikan ukuran kesejahteraan ekonomi sebuah bangsa. Tidak hanya melalui indikator pendapatan per kapita, melainkan daya beli masyarakat terhadap hasil produksi dalam negeri.

"Kesejahteraan akan selalu berhubungan dengan daya beli. Jadi pertumbuhan ekonomi akan sangat bergantung dari daya beli masyarakat," pungkasnya.


0 Komentar