Rabu, 02 Agustus 2017 14:03 WIB

Imunisasi Campak-Rubella Sasar Anak Jalanan

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi program imunisasi. (foto istimewa)

BOGOR, Tigapilarnews.com - Dinas Sosial Kota Bogor, Jawa Barat, menjaring 100 anak jalanan untuk mendapatkan Imunisasi Campak dan Rubella bersama 257.276 anak lainnya.

"Sesuai instruksi Walikota, imunisasi campak dan rubella menyasar seluruh anak di Kota Bogor, termasuk anak jalanan," kata Kepala Dinas Sosial Kota Bogor, Azrin Syamsudin, Rabu (2/8/2017). 

Azrin mengatakan, 100 anak jalanan itu diperoleh berdasarkan hasil penjaringan yang dilakukan Dinas Sosial dalam setiap operasi di Kota Bogor. Untuk jadwal pelaksanaan pemberian imunisasi akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan.

"Rencana pemberian imunisasi di perkampungan mereka (anak jalanan), untuk waktu dan tanggalnya akan dikoordinasikan lagi dengan Dinkes," ujarnya. 

Sebelumnya, Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto dalam pencanangan kampanye imunisasi MR di Sekolah Kesatuan, Selasa (1/8/2017) menginstruksikan kepada Dinas Sosial untuk menjaring anak-anak jalanan yang akan diberikan vaksinasi. 

"Mereka juga termasuk anak-anak yang harus diberikan imunisasi, untuk pencegahan, mereka beraktivitas di lapangan, dan punya potensi menularkan, mengingat begitu mudahnya virus ini menular," jelas Bima. 

Bima menginstruksikan dinas terkait untuk menyukseskan Kampanye Imunisasi MR agar seluruh anak mendapat vaksinasi dan terlindungi dari penyakit campak dan rubella. "Anak jalanan ini harus terjangkau dan didata," ucapnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah menuturkan, imunisasi MR menargetkan 257.276 orang anak dari usia sembilan bulan sampai 15 tahun yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bogor. 

"Imunisasi ini sifatnya wajib, dan tidak memerlukan individual informed consent," pungkas Rubaedah. (ist)


0 Komentar