Rabu, 02 Agustus 2017 18:31 WIB

BNPB: Tak Ada Korban Jiwa Saat Erupsi Gunung Sinabung

Editor : Rajaman
Gunung Sinambung Erupsi (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ribuan orang mengungsi pasca-erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian kali ini. 

"Ribuan penduduk terdampak langsung dari hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung. Tidak ada korban jiwa," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers, Rabu (2/8/2017). 

Sejumlah desa yang terdampak antara lain Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung. 

"Masyarakat memerlukan masker dan air untuk membersihkan lingkungan. BPBD Karo bersama TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan SKPD lain, relawan, dan masyarakat telah membagikan masker, pembersihan jalan dan lahan, pembersihan aset-aset pemerintah, dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki zona merah," ujar Sutopo. 

Menurut Sutopo, tercatat 7.214 jiwa dari 2.038 KK mengungsi akibat erupsi Sinabung. Hanya saja tak lebih dari setengahnya yang tinggal di pos pengungsian atau sekitar 2.863 jiwa. 

"Lainnya banyak yang tinggal di tempat lain di luar pos pengungsian. Kebutuhan sandang pangan secara umum terpenuhi," tuturnya. 

Pasca mengeluarkan awan panas sebanyak 17 kali, kondisi Gunung Sinabung kini terpantau stabil.

"Sekarang agak relatif tenang. Tapi secara visual gunung api Sinabung nggak begitu terlihat jelas karena masih agak tertutup debu-debu yang tadi," kata petugas Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen, saat dihubungi detikcom, Rabu (2/8) sekitar pukul 14.30 WIB. 


0 Komentar