Kamis, 03 Agustus 2017 00:21 WIB

Kemampuan Atlet SKO Ragunan Dinilai Berkembang Maksimal

Editor : Yusuf Ibrahim
Asdep Deputi III Kemenpora Bidang Pengelolaan Pembinan Sentra dan SKO, Teguh Raharjo. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Hasil gemilang dicapai atlet asal SKO Ragunan jelang penutupan perhelatan Sport School Games (SSG) yang diselenggarakan di Thailand, dengan meraih 36 emas.

Perhelatan yang di selenggarakan di Nakhonsawan, Thailand sejak 26 Juli-4 Agustus ini, merupkan event kejuaraan antar SKO se-Asia Tenggara. Untuk Indonesia, diwakili SKO Ragunan.

Pada event ini, SKO Ragunan diperkuat 97 orang, meliputi atlet, pelatih, medis dan official. Para atlet SKO Ragunan mengikuti delapan cabor dari 13 cabor yang dipertandingkan, yaitu voli, pencak silat, gulat, angkat besi, renang, panahan, atletik, dan senam.

Menurut Asdep Deputi III Kemenpora Bidang Pengelolaan Pembinan Sentra dan SKO, Teguh Raharjo, saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, bersama beberapa kontingen Indonesia di Tangerang, Rabu (02/08/2017) malam, menilai bahwa pembinaan atlet di Indonesia khususnya di SKO memiliki kualitas terbukti di SSG ini, kemampuan para atlet berkembang secara maksimal.

‪”Ini sebenarnya program tahunan SKO Ragunan,  di mana Thailand mengundang dalam rangka kejuaraan SKO seluruh Asia Tenggara dan alhamdulillah, kontingen indonesia, yang diwakili SKO Ragunan, yang mengirimkan atlet 56, dapat medali 32 emas, 19 perak dan 14 perunggu. Ini sungguh luar biasa, tapi ini bukan suatu tujuan akhir. Ini akan menjadi evaluasi dari kami, SKO Ragunan maupun Kemenpora. Tentunya prestasi ini merupakan kerja sama antara kami dengan kepala sekolah SKO Ragunan dan diharapkan terus bersinergis,” kata Teguh.

Perolehan medali Indonesia diraih pencak silat dengan 4 emas, 4 perak dan 2 perungga. Renang 13 emas, 7 perak dan 5 perunggu. Gulat dengan 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Senam dengan 6 emas, 4 perak dan 4 perunggu. Panahan dengan 1 emas dan 2 perunggu. Angkat besi dengan 11 emas dan 1 perak.

“Torehan hasil ini perlu dukungan smeua pihak dan mengawal ini, supaya anak ini menjadi atlet senior yang hebat, yang menjadi harapan kita semuanya. Kedepan kita tetap kawal, program kemenpora dan PPLP, karena kita tidak hanya SKO, ada di 34 provinsi PPLP ataupun SKO,  hampir 6500 sekian atlet, cuma di SKO Ragunan cuma 210 atlet,” tambah Teguh.

Sementara itu, Kepala Sekolah SKO Ragunan, Suharsono, mengaku gembira dengan torehan atlet SKO Ragunan di SSG ini, dan mampu bersaing dengan atlet-atlet di kawasan Asia Tenggara. Sehingga nantinya memiliki pengalaman yang akan berguna untuk jenjang pembinaan.

“Tentunya kami senang para atlet SKO Ragunan meraih hasil gemilang, ini prestasi yang baik, namun ini belum selesai, tugas mereka masih panjang sebagai atlet, perhatian dari pemerintah tidak boleh berhenti begitu saja, harus ada kelanjutannya,” tambah Suharsono.(exe/ist)