Kamis, 03 Agustus 2017 18:01 WIB

Dana Haji untuk Infrastruktur, Jokowi Disebut Mirip Kaisar Nero

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Presiden Jokowi (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Wacana penggunaan dana haji untuk mendanai sejumlah proyek infrastruktur oleh Presiden, Joko Widodo (Jokowi) menuai pro-kontra.

Salah satunya datang dari Ekonom INDEF, Sugiyono. Menurutnya, wacana digulirkan Jokowi bukan hal mengejutkan, bahkan hal serupa sudah bergulir pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya tidak terkejut itu. Saya nggak terkejut. Jadi, waktu zaman Pak SBY maupun Jokowi, maupun ratusan yang lalu," ucap Sugiyono saat dihubungi, Kamis (3/8/2017).

Meski demikian, Sugiyono mengatakan keputusan Jokowi tersebut tak bedanya dengan kebijakan Kaisar Romawi ke-5, Nero Claudius Caesar Germanicus.

Saat itu, Kaisar Nero memilih menyerang kuil dan tample yang merupakan tempat ibadah kemudian merampok uang kedua tempat tersebut.

"Kalau sekarang, istilah halusnya pinjam dari dana yang ada hubungannya dengan keagamaan, seperti Kaisar Nero," ungkap Sugiyono.

"Pak Jokowi juga begitu, ingin membuat insfarsktur, kemudian dia tengak-tengok mencari dana keagamaan ada enggak, dia akan paksa itu. Walalupun ini keras, tapi seperti itu mengulangi kaisar Nero," sambung Sugiyono.

Sekedar informasi, Nero Claudius Caesar Germanicus, adalah kaisar romawi terakhir dari dinasti Julio-Caludian. Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius untuk menjadi penerus tahtanya. Ia naik tahta pada tanggal  13 Oktober 54 karena kematian Claudius.


0 Komentar