Minggu, 06 Agustus 2017 11:11 WIB

Villa Gading Indah Chess Club Gelar Turnamen Catur

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan
Villa Gading Indah Chess Club (VGICC), Kelapa Gading, Jakarta Utara, menggelar turnamen catur, Sabtu (5/8/2017). Foto: Ryan.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Villa Gading Indah Chess Club (VGICC), yang bermarkas di Perumahan Villa Gading Indah, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara menggelar turnamen catur.

Sebanyak 38 peserta asal Jabodetabek saling bertanding mengalahkan satu sama lain.

Ketua VGICC Yanto Yusin mengatakan, turnamen ini merupakan kedelapan kalinya diselenggarakan.

Banyaknya peserta menjadikan turnamen ini digelar di kantor RW 14 Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Biasanya digelar di rumah saya di sekitar sini. Tapi karena pesertanya banyak jadi kita gunakan aula kantor RW," kata Yanto, saat ditemui di Kantor RW 14, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (5/8/2017).

Selain banyaknya peserta, dia menerangkan, penempatan lokasi turnamen di kantor RW agar dapat menarik masyarakat agar dapat berminat dalam olahraga catur.

Apalagi, pengurus RW juga berencana akan mengadakan turnamen catur dalam rangka HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

"Katanya pengurus RW juga berencana mengadakan turnamen catur untuk masyarakat sekitar. Nah, makanya turnamen kami kali ini digelar di kantor RW agar dapat melihat antusias masyarakat," jelasnya.

Untuk mengikuti turnamen ini, dia memaparkan, peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 30 ribu. Pada akhirnya, akan terlahir lima pemenang dalam turnamen ini.

"Klub ini kan bersifat sosial. Jadi seluruh biaya pendaftaran yang terkumpul akan dibagikan kepada kelima pemenang," ucapnya.

Turnamen catur yang diprakarsai VGICC mampu menyedot perhatian para master. Dari 38 peserta, sejumlah master catur nasional maupun internasional menjadi pesertanya.

"Iya benar. Ada beberapa master yang mengikuti turnamen kali ini," ucap Yanto.

Dia memaparkan, sejumlah master nasional di antaranya, David Hukom, Hartono, Johny Sumael, dan Sandi Sumardi.

Sedangkan, master Internasional remaja puteri yang menjadi peserta turnamen, yaitu Theodora Paulina Walukow.

"Suatu kehormatan kami atas kehadiran Theodora, seorang remaja puteri yang karirnya dalam dunia catur sedang meningkat. Bahkan mengharumkan catur Indonesia di dunia internasional," paparnya.

Dalam kacamatanya, dunia catur saat ini sedang mengalami peningkatan. Di Jakarta Utara saja, terdapat tiga club catur yang sedang mengalami peningkatan, yaitu Gading Nias Chess Club (GNCC) yang bermarkas di Apartemen Gading Nias, dan Chess Mania di kawasan Tanjung Priok.

"Kami berharap catur terus berkembang. Semakin banyak peminatnya dan meraih juara dikancah nasional maupun internasional," pungkasnya.

 


0 Komentar