Senin, 07 Agustus 2017 18:04 WIB

Pemkot Bandung Bakal Bangun Gedung Pramuka Megah Senilai Rp 70 Miliar

Editor : Hendrik Simorangkir

BANDUNG, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera membangun Gedung Pramuka senilai Rp 70 miliar. Gedung yang berdiri di lahan seluas 1,8 hektare di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ini rencananya mulai dibangun pada 2018, mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Dodi Ridwansyah mengatakan, Gedung Pramuka tersebut akan miliki 4 lantai dengan biaya pembangunan per lantainya mencapai Rp 10 - Rp 15 miliar.

"Jadi, total anggaran diperkiraan mencapai Rp 70 miliar. Mudah-mudahan, pada 2018 pembangunan fisik gedung sudah bisa dimulai," ujar Dodi, Senin (7/8/2017).

Ia menuturkan, saat ini, Pemkot Bandung telah memiliki Gedung Pramuka yang berada di Taman Pramuka. Namun, kondisi gedung tersebut kurang representatif. 

"Untuk merealisasikan janji tersebut bulan ini akan dilakukan pematangan lahan untuk membangun gedung pramuka itu. Dalam Detail Enginnering Design (DED) harga perkiraan sendiri (HPS) pembangunan gedung pramuka sebesar Rp 800 juta. Namun, perhitungan hanya Rp 670 juta sehingga sisanya bisa dikembalikan ke kas daerah," ungkapnya.

Dodi mengatakan, Gedung Pramuka baru ini akan berada di kawasan GBLA dan berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektare. Tidak hanya gedung Pramuka, di lokasi ini juga akan ada 60 gedung kepemudaan lainnya.

"Harapannya ke depan bisa untuk Jamnas dan aktivitas Pramuka dengan lahan yang representatif bagi kepramukaan di Kota Bandung. Lokasinya di Gedebage deket GBLA arah ke utara, di sana gak hanya olahraga tapi juga aktivitas pramuka dan pemuda," jelas Dodi.

"Mudah-mudahan disetujui dan pada September 2018 sudah terbangun, kami sangat berharap sekali karena anggarannya cukup lumayan," imbuhnya.

Selain itu, Dodi menjelaskan, Pemkot Bandung juga membangun beberapa GOR (Gedung Olah Raga) di Kota Bandung. Rencananya, akan diresmikan tahun ini. Dispora juga, sudah menyiapkan beberapa lapangan untuk aktivitas warga.

"GOR Bandung akan diresmikan September yang pertengahan Agustus ini akan dilaksanakan pemeliharaan, GOR Bulutangkis Bandung Juara, ada juga 4 lapang sudah diuji coba untuk sirkuit," pungkasnya.

Terkait rehabilitasi dan perbaikan di 2017, Dodi menambahkan, Pemkot Bandung hanya akan merehabilitasi SOR Caringin. Karena, kondisi bangunannya sudah rapuh dan tidak layak, sedangkan untuk pemeliharaan anggaran hanya buat GBLA saja sebesar Rp 300 juta di 2017. (ist)


0 Komentar