Selasa, 08 Agustus 2017 13:07 WIB

Walikota Bekasi Geram Biaya SMA Negeri Mahal

Editor : Hendrik Simorangkir
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi. (foto istimewa)

BEKASI, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyebut biaya pendidikan sekolah negeri lebih mahal ketimbang sekolah swasta. Pasalnya, biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang dikutip tiap bulan sangat besar dan banyak dikeluhkan orang tua siswa SMA/SMK Negeri.

Mahalnya biaya SPP untuk siswa ini terjadi setelah kewenangan SMA/SMK Negeri diambil alih oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat. Padahal, sebelum diambil alih oleh Disdik Provinsi Jawa Barat, biaya sekolah mulai Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang SMA/SMK Negeri di Kota Bekasi gratis.

"Sekarang ini sekolah negeri di Kota Bekasi mahal. Malah lebih murah sekolah di swasta," ujar Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, Selasa (8/8/2017).

Menurutnya, semenjak diambil alih Disdik Jawa Barat banyak warga yang datang mengeluh karena dikutip biaya sebesar Rp 200-300.000 per bulan. Pengutipan biaya SPP pada orang tua siswa jenjang SMA/SMK merupakan kemunduran di dalam dunia pendidikan.

"Saat dipegang oleh Kota Bekasi semua biaya pendidikan di Kota Bekasi gratis hingga jenjang SMA dan SMK. Kami sanggup biayai pendidikan gratis hingga SMA/SMK, meskipun kami bangunnya secara bertahap, kami akan komunikasi dengan Gubernur," pungkasnya. (ist) 


0 Komentar