Senin, 14 Agustus 2017 19:15 WIB

Koperasi Pasar Ikan Jadi Tumpuan Para Nelayan

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Kasudin KUKMP Jakarta Utara, Arfian. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Utara, telah meresmikan koperasi milik asosiasi Pedagang Ikan Muara Angke, Minggu (13/8/2017). Harapannya, koperasi itu dapat menjadi tumpuan para nelayan agar dapat meningkatkan kesejahteraan. 

"Tentu kita berharap adanya koperasi itu dapat menjadikan solusi bagi para nelayan," ujar Kasudin UMKMP Jakarta Utara, Arfian, saat dikonfirmasi, Senin (14/8/2017).

Ia menjelaskan, pihaknya bertugas untuk memberikan bimbingan kepada para pengurus koperasi yang baru terbentuk itu. Bimbingan itu, mencakup managemen koperasi seperti perkuatan aset kelembagaan, permodalan, kelembagaan tugas pengurus, hingga pembuatan neraca awal dan laporan keuangan tahunan. 

"Intinya kami memberikan bimbingan hingga koperasi itu layak bagi para anggota," katanya.

Arfian menuturkan, koperasi ini telah beranggotakan sekitar 800 orang, yang berprofesi sebagai nelayan dan pedagang ikan. Bentuk usaha yang dimiliki koperasi itu meliputi simpan pinjam, penyediaan sembako pedagang ikan dan nelayan, serta jasa penitipan ikan hasil tangkapan nelayan.

"Koperasi ini ya untuk para nelayan yang berdomisili dan beraktivitas di sekitar Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara," pungkasnya.

Koperasi yang baru dibentuk ini memiliki banyak usaha. Di antaranya adalah simpan pinjam, penyediaan sembako pedagang ikan dan nelayan, serta jasa penitipan ikan hasil tangkapan nelayan. Koperasi ini memiliki sekretariat di kawasan Pasar Grosir Ikan Muara Angke.


0 Komentar