Jumat, 18 Agustus 2017 08:36 WIB

Qatar Didesak Hentikan Politisasi Haji

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Anwar al-Gargash. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Anwar al-Gargash, mengatakan politisasi haji Qatar harus berakhir dengan mengikuti inisiatif yang diambil oleh Raja Saudi, Salman bin Abduk Aziz Al Saud.

Melalui akun twitternya, Gargash mencatat bahwa Saudi terus bersikap besar hati di tengah keretakan yang sedang berlangsung.
 
Dia juga menyoroti inisiatif Raja Salman untuk memasok pesawat yang akan membawa jemaah Qatar ke Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

"Ada banyak hal yang berada di atas politik," kata Gargash menyoroti pentingnya musim haji, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (17/08).

Seperti diketahui, Raja Salman memerintahkan pembukaan perbatasan antara Qatar dan Saudi, untuk memungkinkan jemaah asal Qatar memasuki Saudi untuk menjalankan ibadah haji.
 
Perintah pembukaan perbatasan keluar setelah Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad Bin Salman menerima seorang utusan dari Doha.

Qatar sendiri menyatakan mereka menyambut baik keputusan Arab Saudi untuk membukan perbatasan yang memungkinkan warga Qatar pergi berhaji ke Mekkah, bahkan jika langkah tersebut bermotif politik.

"Terlepas dari kenyataan, bermotif politik untuk melarang orang Qatar dari haji dan secara politis sehingga mereka mengizinkan mereka, kami menyambut langkah seperti itu, yang merupakan langkah maju untuk menyingkirkan blokade ini yang diberlakukan terhadap kami," ucap Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani.(exe/ist)

0 Komentar