Minggu, 03 September 2017 22:51 WIB

La Nyala Ingin Pramuka Dikembangkan dengan Kreatif dan Out of The Box

Editor : Yusuf Ibrahim
La Nyalla janji dorong Pramuka sebagai garda depan pengembangan generasi muda. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pembinaan generasi muda menjadi kunci pembangunan.

Terlebih bagi Jawa Timur yang terus membangun demi mewujudkan masyarakat yang lebih baik lagi.

Itulah yang mendasari Ketua Umum Kadin Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menemui 600 anggota Pramuka dari berbagai daerah di Jatim, dalam acara perkemahan rutin Gugus Darma Pramuka, akhir pekan lalu.

”Alhamdulillah, ini merupakan kehormatan tersendiri bagi saya berada di tengah adik-adik dan kakak-kakak, para anggota Pramuka yang telah teruji rasa kebangsaan dan kontribusinya bagi Tanah Air,” kata La Nyalla di Kecamatan Ngajum, Malang.

Gugus Darma Pramuka adalah perhimpunan yang terbuka bagi setiap orang dewasa, baik yang pernah maupun belum pernah menjadi anggota.

Gugus Darma Pramuka dibentuk untuk memberi wadah bagi masyarakat yang ingin membantu dan mengembangkan kepramukaan, tetapi yang bersangkutan tidak menjabat sebagai pengurus organisasi dan tenaga pendidik/guru.

Menurut La Nyalla, meski tidak menjadi pengurus Kwartir, Gugus Darma Pramuka tetap punya peran penting dalam memajukan Gerakan Pramuka.

"Saat ini kita butuh sebanyak mungkin pihak untuk menjaga dan mengembangkan generasi muda, antara lain lewat gerakan Pramuka. Pramuka harus dikembangkan dengan cara-cara kreatif, out of the box, dan itu perlu ide dari kakak-kakak semua,” ujar La Nyalla.

Ke depan, lanjut La Nyalla, Pramuka harus didesain sebagai garda depan pengembangan generasi muda. Negara harus hadir memastikan hal itu terwujud.

“Sejak sebelum negeri ini berdiri, gerakan kepanduan punya jasa besar dalam memperjuangkan kemerdekaan. Saya bertekad Pemprov Jatim ke depan harus mengutamakan Pramuka sebagai ujung tombak membentuk generasi muda yang unggul, berdaya saing, dengan tetap berlandaskan pada dimensi keagamaan,” tegasnya.

“Selama ini Pramuka hanya berisi kegiatan yang, mohon maaf, bisa dikatakan formalitas. Bikin konser, hura-hura. Semestinya bisa dibuat yang lebih berguna membentuk mental dan pengetahuan generasi muda, seperti pelatihan teknologi informasi, kewirausahaan, dan berjiwa entrepreneur. Undang pengusaha besar, masuk ke Pramuka Jatim dan menjadi mentor anggota-anggota Pramuka sehingga menjadi pengusaha sukses yang berjiwa nasionalis,” pungkas La Nyalla.(exe/ist)


0 Komentar