Sabtu, 09 September 2017 18:41 WIB

La Nyalla Siap Kembangkan dan Dukung Kontes Cethe

Editor : Yusuf Ibrahim
Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti (kemeja putih). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, diundang oleh komunitas penyuka kreasi cethe di Mojokerto, Jumat (08/09/2017) malam.

La Nyalla yang juga Ketua umum Kadin Jatim itu membuka Kontes Cethe yang berlangsung seru dan penuh keakraban.

“Saya senang sekali berada di sini. Asyik juga rupanya dan cethe ini susahnya bukan main. Saya pernah mencoba di rumah berkali-kali, tapi gagal terus. Memang harus yang ahlinya dan punya bakat seni seperti teman-teman di sini,” ujar La Nyalla, Sabtu (09/09/2017).

Cethe adalah kreativitas kalangan pencinta kretek, dimana mereka menghias sebatang rokok dengan kopi. Hasilnya pun menakjubkan, sebatang rokok bisa dihiasi beragam gambar bercita rasa seni.

“Kreasi cethe ini adalah bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai budaya. Kita bangga dengan produk kretek kita, yang kemudian dikombinasi dengan desain grafis. Kontes cethe semacam ini bisa terus dikembangkan, dan kami siap mendukung,” ujar La Nyalla.

Dalam kesempatan tersebut La Nyalla juga memberikan kenang-kenangan buku keris koleksinya kepada para tokoh budayawan yang hadir.

“Saya mencintai budaya-budaya luhur bangsa, seperti keris ini, dan juga kretek. Ke depan, isu-isu kebudayaan harus diperkuat dan menjadi pilar bagi pembangunan Jawa Timur,” pungkas La Nyalla.

Melihat Keakraban La Nyalla dengan Para Habib Usai dari Mojokerto, La Nyalla Mahmud Mattalitti menghadiri Haul Al-Qutub Al-Habib Abubakar bin Muhammad bin Umar Assegaf di Gresik. Di acara itu terlihat keakraban Ketua Kadin Jatim itu dengan para habib.

Habib Abubakar dikenal sebagai pemimpin para wali sedunia di zamannya atau dikenal sebagai wali qutub. Seluruh habib menaruh hormat kepadanya. Bisa dipastikan, habib dari seluruh dunia selalu mengunjungi makam Habib Abubakar ketika berkunjung ke Indonesia. Haulnya tiap tahun dibanjiri ratusan habib dan ribuan jemaah.

La Nyalla hadir setelah Salat Ashar, lalu mengikuti acara sampai Salat Maghrib berjamaah. La Nyalla tampak akrab dengan para habib, di antaranya Habib Syech Abdul Qadir Assegaf (Solo). Juga dengan KH Idris Hamid, putra waliyullah KH Hamid Pasuruan.

Kesempatan itu pun dimanfaatkan La Nyalla untuk mengharap doa dan berkah dari para habib. Karena memang sudah akrab sejak lama, pertemuan itu berlangsung penuh kehangatan. Habib Syech terus tertawa lepas saat berbincang dengan La Nyalla.

“Alhamdulillah kemarin saya mengikuti Haul Habib Abubakar. Beliau punya karomah luar biasa, kewaliannya diakui, jadi pemimpin para wali di masanya,” kata La Nyalla kepada wartawan.

“Kami juga bertemu dan berbincang dengan banyak habib dari berbagai daerah. Kita doakan beliau-beliau sehat selalu, sehingga bisa terus membimbing kita semua,” imbuh La Nyalla.

Saat ditanya terkait Pemilihan Gubernur Jatim, La Nyalla ogah menanggapi. “Saya menghadiri haul ini tidak ada kaitannya dengan Pilgub Jatim. Ini mencari berkah. Tidak elok kalau pertemuan dengan orang-orang alim, para kiai, habaib, dimanfaatkan untuk ambisi politik,” ujarnya.(exe/ist)


0 Komentar