Kamis, 28 September 2017 19:51 WIB

PD Pasar Jaya: Pasar Rakyat Menopang Ekonomi Pedagang Kecil dan Menengah

Editor : Danang Fajar
Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - PD Pasar Jaya kembali meresmikan pasar rakyat yang sudah dilakukan revitalisasi total. Kali ini Pasar Enjo merupakan pasar rakyat ketiga yang diresmikan di tahun 2017. 

Direktur Utama PD. Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan peresmian pasar ketiga di tahun 2017 ini akan terus berlanjut secara estafet hingga 9 pasar di akhir tahun mendatang. Selama tahun 2017 ada 16 pasar yang direvitalisasi oleh PD Pasar Jaya. Sedangkan pada awal 2018 ada sedikitnya 13 pasar yang akan segera dirampungkan revitalisasi, sehingga total ada 35 pasar bersubsidi di Jakarta pada tahun depan.

“Pembangunan pasar rakyat ini untuk menopang perekonomian pedagang kecil dan menengah, mereka tidak terbebani dengan biaya pembangunan sehingga harapan kita pasar bisa ramai dan diminati konsumen,” ujarnya.

Pembenahan pasar rakyat terus dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah DKI Jakarta. Dengan pembenahan yang dilakukan diharapkan pasar tradisional dapat tetap berjalan maksimal karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk bertransaksi jual beli.

Pasar Enjo yang diresmikan berada di luas lahan 8.119 meter persegi dengan luas bangunan 6.485 meter persegi. Adapun kompleks pasar tersebut mampu menampung sebanyak 940 tempat usaha dari 398 pedagang.

“Untuk biaya pembangunan pasar ini sendiri berasal dari penyertaan modal daerah (PMD) yang dikucurkan tahun 2014 lalu, kita akan upayakan percepatan pembangunan seluruh pasar yang ada,” katanya.

Rantai kerja perbaikan ekonomi di Jakarta dan menjaga inflasi memang terus dilakukan oleh PD. Pasar Jaya. Selain perbaikan pasar rakyat dan pasar lainnya juga dengan didirikannya pola distribusi barang dengan didirikannya Jakgrosir di Pasar Induk Kramatjati

Nantinya barang di Jakgrosir dapat dibeli pedagang secara kartonan dengan harga yang lebih terjangkau sehingga daya beli meningkat. Selain itu bentuk stabilisasi harga lainnya yang dilakukan dengan berdirinya Jakmart yang sudah berada di 6 lokasi pasar dan 1 Mini DC. Hingga akhir tahun 2017 ditargetkan sebanyak 18 Jakmart dan mini DC akan hadir diwilayah DKI Jakarta.


0 Komentar