Rabu, 04 Oktober 2017 16:06 WIB

Polda Sumut Bentuk Tim Anti Begal

Editor : Amri Syahputra
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting (ist)

MEDAN, Tigapilarnews.com - Maraknya kejahatan begal di wilayahnya membuat membuat Polda Sumut membentuk tim anti begal.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan tim khusus tersebut juga dibentuk di seluruh polres di jajaran Polda Sumut.

"Untuk memaksimalkan fungsi, tim khusus tersebut berisikan personel lintas satuan, seperti intelijen, reskrim, sabhara, dan Satuan Brimob," kata Rina.

Tim tersebut khusus dibentuk untuk memberantas kejahatan jalanan atau lebih sering disebut "3-C", yakni "curat" (pencurian dengan pemberatan/perampokan), "curas" (pencurian dengan kekerasan/jambret), dan "curanmor" (pencurian kendaraan bermotor).

Meski telah membentuk tim khusus, Polda Sumut tetap menginginkan pemangku kepentingan lain di bidang keamanan dan kemasyarakatan ikut berperan dalam mencegah dan memberantas terjadinya kejahatan jalanan, khususnya begal.

"Salah satu dukungan yang diharapkan adalah dari pemerintah daerah untuk membantu penerangan yang cukup di seluruh ruas jalan karena kondisi jalan yang gelap menimbulkan potensi kerawanan kejahatan," jelas Rina.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan begal dan kejahatan jalanan tersebut telah menjadi atensi kepolisian sehingga pihaknya perlu menyiapkan satuan tugas (satgas).

Satgas tersebut berisi personel yang memiliki kemampuan gerak cepat dan tahan segala cuaca.

Selain penindakan, personel yang dilibatkan dalam satgas tersebut juga harus memiliki kemampuan dalam penyelidikan, penyidikan, dan pengungkapan kasus.

Oleh karena itu, satgas tersebut akan diikuti seluruh satuan di indtsitusi kepolisian, mulai dari intelijen, reskrim, sabhara, hingga Satuan Brimob. (ant)


0 Komentar