Minggu, 15 Oktober 2017 12:57 WIB

Dua Rafflesia Mekar Sempurna di Bengkulu

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi bunga Rafflesia arnoldii mekar sempurna. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dua bunga Rafflesia arnoldii mekar sempurna di dua lokasi berbeda di kawasan hutan Bukit Barisan, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

"Ada dua bunga yang ditemukan mekar di dua lokasi berbeda dan sudah dibuat tanda untuk memudahkan pengunjung," kata Koordinator Forum Masyarakat Peduli Rafflesia Bengkulu Tengah, Ibnu Hajar, saat dihubungi dari Bengkulu, Minggu (15/10/2017).

Ia mengatakan habitat bunga langka dilindungi itu sudah dibuka untuk umum dengan membuat pengumuman di tepi jalan lintas yang menghubungkan Kota Bengkulu-Kepahiang.

Satu bunga dengan diameter lebih dari 70 centimeter mekar di kilometer 42 dari Kota Bengkulu, tepatnya di wilayah Kecamatan Taba Penanjung.

"Sedangkan posisi bunga kedua berada di kilometer 45 di tepi jalan lintas Bengkulu-Kepahiang," kata Ibnu Hajar.

Ibnu mengatakan hutan yang berada di jalan lintas yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Selatan itu merupakan habitat bunga Rafflesia arnoldii.

Kawasan hutan berstatus Hutan Lindung Bukit Daun dan sebagian kecil Cagar Alam Taba Penanjung I dan II.

Habitat Rafflesia arnoldii di kawasan hutan Taba Penanjung itu diharapkan mampu menggerakkan wisata setempat. Apalagi posisi kawasan hutan habitat bunga langka itu berada di jalan lintas antar-provinsi sehingga pengunjung mudah mencapainya.

"Untuk mengakses lokasi juga sudah disediakan jalan setapak dan kami juga siapkan pemandu," katanya.(ist)


0 Komentar