Kamis, 02 November 2017 20:35 WIB

Tarif Belum Diputuskan, Uji Coba KA Bandara Sebentar Lagi

Editor : Yusuf Ibrahim
Pengerjaan pembangunan Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapialrnews.com- 10 November nanti, jalur kereta api dari Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah tersambung, dan bisa diujicoba. 

Pelaksana Tugas Direktur Sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Edi Nursalam, saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (02/11/2017), mengatakan jalur akan tersambung sebelum uji coba pada 25 November 2017.

"Tanggal 10 itu tersambung, ada 15 hari untuk uji coba, sambil pengujian-pengujian," katanya. 

Dia mengatakan, untuk uji coba pertama kali dioperasikan 40 perjalanan dari total 124 perjalanan per hari. "Pada 25 November itu sebenarnya diharapkan penumpang umum sudah naik, tapi tahapnya masih uji coba, nanti yang meresmikan Presiden Joko Widodo," katanya.

Dia mengatakan tahun depan akan beroperasi secara normal dengan jadwal serta perjalanan yang sudah ditentukan.

"Nanti kami harapkan 80 perjalanan dari Manggarai, 40 dari Kota, sekarang kalau kita maksimalkan, KRL harus kita korbankan karena penumpang KRL khan banyak," katanya.

Namun, terkait tarif, dia belum diputuskan walau disebut-sebut sekitar Rp100.000/orang/kali naik.

Total panjang jalur KA bandara dari Manggarai menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah 37,126 kilometer dengan rincian Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman (3,186 kilometer), Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri (6,472 kilometer), Stasiun Duri-Stasiun Batuceper (15,688 kilometer), dan Stasiun Batuceper- Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta (11,780 kilometer. 

Penggunaan prasarana untuk kereta bandara akan menggunakan jalur yang telah ada sepanjang 24,2 km dan 12,1 km jalur baru dengan total pengadaan 10 rangkaian kereta. 

Sementara itu, KA Bandara memiliki empat relasi, di antaranya relasi Jakarta-Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan 20 perjalanan, relasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta-Jakarta (20 perjalanan), relasi Manggarai-Duri-Bandara Internasional Soekarno-Hatta (21 perjalanan), dan relasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta -Duri-Manggarai (21 perjalanan).

KA bandara sendiri akan melalui lima stasiun, di antaranya Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta.(ant)

0 Komentar