Rabu, 22 November 2017 14:32 WIB

Novanto Ditahan, Akom Minta Kader Golkar Tetap Solid

Editor : Rajaman
Politikus Golkar Ade Komarudin Saat Tiba di Gedung KPK (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Mantan Ketua DPR Ade Komarudin enggan berkomentar perihal penahanan serta penetapan tersangka Setya Novanto terkait kasus korupsi e-KTP.

Namun demikian Ade mengingatkan jika seluruh elemen kader Golkar harus tetap kuat dan solid demi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 meski sedang ditimpa musibah.

"Kita serahkan pada seluruh pengurus tingkat dua pemilik suara seluruh Indonesia dan tingkat 1 untuk sama sama satukan langkah agar partai ini solid," ujar Akom sapaan Ade Komarudin di gedung KPK, Rabu (22/11).

Akom tidak memungkiri, kekosongan pucuk pimpinan tertinggi di partai menjadi kendala utama Golkar menghadapi masa pemilu, baik pemilihan kepala daerah 2018 ataupun pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019 nanti.

Kendati demikian, mantan sekretaris fraksi Golkar itu enggan mengomentari lebih jauh soal langkah Golkar saat ini yang akan melakukan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) guna mencari ketua umum baru, menggantikan Setya Novanto yang ditahan di rumah tahanan Klas I Negara, Jakarta Timur, cabang KPK.

"Kita serahkan teman teman pemilik suara di tingkat DPD I dan II yang mereka itu menyadari bahwa partai ini harus kokoh dan siap," ujarnya.

Selasa (21/11/2017) DPP Golkar menggelar rapat pleno. Pembahasan utama pada rapat pleno tersebut adalah posisi Setya Novanto. Namun, rapat berlangsung alot selama lebih tujuh jam lamanya. Tidak ada kesepakatan dari rapat tersebut.

Meski begitu, sekretaris jenderal Golkar, Idrus Marham dipilih menjadi pelaksana tugas ketua umum sementara menggantikan Setya Novanto. Status pelaksana tugas yang disandang Idrus hanya berdurasi sesuai hasil putusan praperadilan yang diajukan Setya Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Jika gugatan praperadilan dimenangkan, kursi nomor satu di partai tetap disandang oleh Setya Novanto. Sebaliknya, jika hakim menolak gugatan, Golkar akan melaksanakan munaslub. 


0 Komentar