Jumat, 24 November 2017 18:58 WIB

Eco Run Pertamina 2017 Ditargetkan 6.000 Peserta, Ikuti Tips dari Ahlinya

Editor : Yusuf Ibrahim
Coaching clinic jelang Eco Run Pertamina 2017 dari Hario Tilarso (kemeja putih), Tommy Fondy, Triyaningsih dan Fahmy Fachrezzy. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menyongsong penyelenggaraan Eco Run Pertamina 2017, PT Pertamina (Persero) menggelar coaching cilinic untuk tim yang terlibat dalam kegiatan ini.

Coaching clinic menghadirkan beberapa pembicara, di antaranya Hario Tilarso, Tommy Fondy, Triyaningsih dan Fahmy Fachrezzy, yang memberikan tips seputar lari dan penanganan akibat cedera lari dari para ahli.

External Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita menjelaskan coaching clinic ini sangat penting dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan seputar lari dan  antisipasi menangani masalah yang dihadapi peserta Pertamina Eco Run 2017.

“Eco Run Pertamina 2017 ini akan diikuti sekitar 6.000 peserta dari berbagai kalangan. Karena itu kita perlu mengadakan persiapan dan antisipasi yang bermanfaat tidak hanya bagi peserta tetapi juga panitia sebagai langkah antisipasi penanganan peserta” jelasnya.

Arya berharap Eco Run Pertamina 2017 lebih baik dari sebelumnya dan pesertanya lebih antusias. Menurutnya, Eco Run Pertamina 2017, ini merupakan even keempat yang diselenggarakan Pertamina sebagai bagian dari kampanye untuk melestarikan bumi.

Coaching Clinic merupakan kegiatan pre event dari rangkaian kegiatan Pertamina Eco Run 2017.  Dalam sesi diskusi, masing-masing narasumber menyampaikan topik sesuai dengan keahliannya.

Dokter spesialis olahraga, yakni Hario Tilarso, memberikan berbagai tips kesehatan saat berolahraga. Sementara Tommy Fondy yang merupakan ahli sport massage berbagi tentang cara penanganan pertama saat mengalami cidera lari.

“Banyak orang panik dan juga bingung ketika mengalami cedera tubuh,” kata Tommy di awal presentasinya.

Panik itu, lanjut Tommy karena tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. “Tentu, kita tidak bisa sembarangan memberi pertolongan, jika tidak mempunyai kemampuan untuk menangani dengan aman. Salah memberi pertolongan, kemungkinan besar justru cedera yang dialami akan semakin parah,”kata Tommy. Dalam Coaching Clinic yang berlangsung di Trafique Coffee, Jakarta selatan itu, Tommy mengajarkan tentang cara-cara praktis menangani cedera tubuh.

Sementara itu Triyaningsih yang merupakan atlet lari nasional dan Fahmy Fachrezzy instruktur fitness sekaligus dosen olah raga, berbagi pengalaman untuk para pelari yang akan mengikuti Eco Run 2017.

Pertamina Eco Run 2017 akan diselenggarakan pada hari  Sabtu, 16 Desember 2017 pukul 15.00 WIB, di Pantai Festival Ancol.  Ajang lari yang diselenggarakan dalam rangka peringatan ulang tahun Pertamina ke-60 ini merupakan tahun yang keempat sejak pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2014. 

Pertamina Eco Run 2017 mengusung tema Lari Lestarikan Bumi yang mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran kesehatan melalui berlari sekaligus turut melestarikan keanekaragaman hayati.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Pertamina dalam upaya melestarikan lingkungan, khususnya satwa langka seperti Owa Jawa dan Tuntong Laut. Karena itu biaya pendaftaran Eco Run 2017 akan disumbangkan untuk pelestarian kedua satwa tersebut yang nyaris punah. 

Pertamina Eco Run juga memberikan kesempatan bagi para runners memenangkan hadiah dan  doorprize dengan total puluhan juta rupiah.(exe)


0 Komentar