Selasa, 05 Desember 2017 07:36 WIB

Jenderal Gatot Diminta Siapkan Memo Pergantian Panglima TNI

Editor : Rajaman
KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, sehubungan dengan surat presiden Jokowi kepada pimpinan DPR RI (tentang pemberhentian dan pengangkatan panglima TNI) , maka berdasarkan prosedur yang berlaku komisi I sebagai mitra kerja TNI akan segera melaksanakan uji kelayakan terhadap panglima baru yang menurut surat tersebut ditunjuk kepada KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahyanto. 

"Konsekwensi logisnya maka calon panglima TNI harus segera menyiapkan diri untuk mengikuti uji kelayakan yang akan dilaksanakan di komisi I DPR," kata TB Hasanuddin melalui pesan singkat, Selasa (5/12/2017). 

Sementara itu karena sudah ada surat resmi dari presiden tentang rencana pemberhentian Jenderal TNI, maka sebaiknya Jenderal Gatot sudah mulai menyiapkan memo serah terima jabatan dan tidak membuat keputusan keputusan strategis di akhir masa jabatannya termasuk melakukan mutasi para perwira tingginya. 

"Mutasi para perwira tinggi sebaiknya dilakukan oleh panglima baru agar suasana kondusif akan lebih tercipta," tandas politikus PDIP ini.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menyodorkan nama KSAU TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI ke DPR untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo akan masuk masa pensiun pada Maret 2018.


0 Komentar