Rabu, 06 Desember 2017 16:14 WIB

Komisi X Minta Pemerintah Segera Puluihkan Pariwisata di Bali

Editor : Rajaman
Puluhan Wisatawan Menikmati Pantai di Bali (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi X DPR, Putu Supadma Rudana meminta pemerintah melalui kementerian pariwisata untuk segera bergerak melakukan pemulihan secepatnya terhadap ekonomi pariwisata Bali yang terdampak erupsi Gunung Agung.

"Masyarakat kita hampir 80 persen bergantung dari sektor pariwisata. Pemerintah pusat harus segera bergerak bersama-sama pemerintah daerah untuk segera melakukan recovery pariwasata di Bali," kata Putu kepada seruji.co.id melalui pesan singkat, Rabu (6/12/2017).

Apabila pemulihan tidak segera dilakukan, Wakil Sekjen Partai Demokrat ini khawatir akan terjadi PHK massal, pengangguran hingga kebangkrutan para pengusaha pariwisata di Bali.

Salah satu yang bisa dilakukan pemerintah, menurut Putu, adalah dengan menyiapkan shuttle bus gratis dari bandara atau dari satu tempat wisata ke wisata lain.

"Bencana ini tidak bisa dihindari tapi harus dikelola, agar pariwisata Bali bisa kembali membaik," ujarnya.

Menurut Putu, kunci dari pemulihan pariwisata di Bali ini adalah sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Ia menilai sinergi ini belum optimal dan masih perlu ditingkatkan.

"Ini harus sustainable tourism sehingga destinasi akan terus berkembang dan memberikan dampak yang besar demi kemajuan pariwisata di Bali ini," tandas politikus Demokrat ini. 


0 Komentar