Jumat, 22 Desember 2017 07:20 WIB

Golkar Mungkin Menarik Diri dari Keanggotaan Pansus Angket KPK

Editor : Rajaman
Agus Gumiwang (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Fraksi Partai Golkar akan mengevaluasi keberadaan Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan, tak menutup kemungkinan pihaknya juga bisa menarik diri dari keanggotaan pansus.

"Jika tidak ada jaminan bahwa hasil Pansus KPK itu tidak melemahkan KPK, Fraksi Partai Golkar DPR RI akan menarik anggotanya dari Pansus Angket," ujar Agus melalui keterangan tertulis, Kamis (21/12/2017).

Di samping opsi menarik diri, opsi lainnya yang akan dipertimbangkan saat evaluasi adalah memerintahkan anggota pansus yang berasal dari Fraksi Partai Golkar untuk menyegerakan kerja pansus dan mengakhirinya.

Jika memungkinkan, masa kerja pansus bisa diakhiri pada masa sidang DPR yang akan datang.

"Dengan mengambil kesimpulan yang tidak ada pelemahan KPK," tuturnya.

Adapun hasil evaluasi tersebut akan diambil pada masa persidangan.

Penolakan terhadap pelemahan KPK menjadi satu dari lima pernyataan politik Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar. Pernyataan politik tersebut dibacakan oleh Ketua Steering Committee Munaslub Partai Golkar, Ibnu Munzir pada penutupan Munaslub.

Ibnu menyampaikan bahwa Golkar tegas dalam pemberantasan korupsi serta meminta aparat tak tebang pilih dalam memberantas kasus korupsi.

"Dalam rangka mewujudkan penyelenggara negara yang bersih dan bebas korupsi, Partai Golkar mendesak aparat penegak hukum-polri, kejaksaan dan KPK- untuk bersinergi dalam pemberantasan korupsi secara adil, tidak tebang pilih serta menjunjung tinggi hak asasi manusia," ujar Ibnu saat menyampaikan pandangan politik, Rabu (20/12/2017).

Dalam poin yang sama, Ibnu juga menegaskan bahwa Golkar menolak pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sejalan dengan itu, Partai Golkar menolak terhadap setiap upaya yang bertujuan untuk melemahkan KPK," tuturnya.


0 Komentar