Kamis, 28 Desember 2017 19:15 WIB

7.000 Warga Palestina Menghadapi penyiksaan di Penjara Israel

Editor : Amri Syahputra
Korban Warga Palestina yang ditangkap Israel

Yerusalem, Tigapilarnews.com - "Jumlah tahanan yang sakit sekarang mencapai hampir 1.500," kata Menteri Urusan Tawanan Issa Qaraqi, Yenisafak melaporkan.

Qaraqi menambahkan bahwa puluhan tahanan Palestina kemungkinan akan meninggal karena penjaga Israel dengan sengaja menolak memberi mereka obat-obatan, yang menekankan bahwa "penjara Israel telah berubah menjadi kuburan mereka."

Dalam sebuah pertemuan dengan anggota pers, Qaraqi mengungkapkan bahwa 400 anak-anak Palestina termasuk di antara 7.000 orang yang saat ini berada dalam tahanan di penjara Israel.

Tentara Israel sering melakukan kampanye penangkapan luas di Tepi Barat dengan dalih mencari orang-orang Palestina yang "dicari".

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada awal Desember di Washington telah mengakui Yerusalem al-Quds sebagai ibu kota Israel, menekankan bahwa Amerika Serikat akan memindahkan kedutaan di tanah yang diduduki dari Tel Aviv ke Yerusalem al-Quds.

Langkah tersebut dipuji oleh Israel namun dikecam oleh anggota masyarakat internasional lainnya sebagai pihak yang merongrong perundingan perdamaian.

Langkah al-Quds sebagai ibukota Israel  di Washington telah menimbulkan paduan suara protes di seluruh masyarakat internasional. Dunia Muslim, PBB, para pemimpin dunia dari Eropa sampai Timur Tengah sampai Australia, dan bahkan sekutu AS di Barat telah mengkritik tawaran tersebut, dengan mengatakan akan mengurangi wilayah yang sudah kacau menjadi sebuah pergolakan baru.

Bentrokan berat juga terjadi antara tentara Israel dan pemrotes Palestina setelah keputusan Donald Trump di Washington. di Kota Tua al-Qud, Hebron (al-Khalil), Bethlehem dan Nablus di Tepi Barat serta Jalur Gaza yang terkepung.

Lebih dari 600 warga Palestina ditahan oleh pasukan Israel sejak Donald Trump mengakui Yerusalem al-Quds sebagai ibu kota Israel.

Masyarakat Tahanan Palestina melaporkan pada hari Selasa, 610 orang Palestina, termasuk 170 anak di bawah umur, 12 wanita dan tiga orang yang terluka, telah ditangkap selama tiga minggu sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkannya.

15 warga Palestina juga tewas di Jalur Gaza dan Tepi Barat selama tiga minggu demonstrasi menentang deklarasi Washington Yerusalem sebagai ibukota Israel, menurut laporan.

Selain itu, ribuan orang Palestina telah terluka oleh tembakan tentara Israel saat demonstrasi menentang keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Kementerian Kesehatan Masyarakat Palestina di Gaza juga telah mengumumkan bahwa pasukan pendudukan Israel menggunakan bom gas tak dikenal yang menyebabkan kasus stres, kejang, muntah, batuk dan detak jantung yang cepat di kalangan warga sipil Palestina. Ini menekankan bahwa pasukan Zionis menembakkan peluru secara langsung ke pemrotes Palestina.

Pasukan rezim Israel menggunakan kekuatan brutal dan berlebihan terhadap warga sipil dan tim penyelamat serta petugas medis, menurut kementerian Palestina yang menyerukan untuk mencela tindakan rasis dari pihak berwenang Israel.

Orang-orang di berbagai negara juga telah memukul jalanan untuk mengecam pengakuan Trump terhadap Yerusalem al-Quds sebagai ibu kota Israel.

Organisasi Kerjasama Islam (OKI), dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah sebuah pertemuan puncak yang luar biasa di Istanbul, Turki, mengumumkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina "di bawah pendudukan" dan mendesak AS untuk menarik diri dari proses perdamaian dan mundur dari keputusannya di Yerusalem.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) secara luar biasa mengeluarkan sebuah resolusi yang tidak mengikat yang mengecam keputusan Trump dan meminta negara-negara untuk tidak memindahkan misi diplomatik mereka ke kota suci tersebut. Pemungutan suara UNGA mengikuti veto AS untuk resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada hari Senin. Semua anggota DK PBB lainnya memilih sebuah gerakan untuk membatalkan tindakan Donald Trump.


0 Komentar