Selasa, 02 Januari 2018 19:49 WIB

Bocah SD Temukan Amunisi Mortil Sisa Perang Dunia II di Nganjuk

Editor : Amri Syahputra
Penemuan Amunisi Mortil peninggalan perang dunia II
Nganjuk, Tigapilarnews.com - Ilham (9) siswa SDN Bulu 1 Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk tak pernah bermimpi bersama tiga rekanya menjaring ikan di sungai bulu pasca terjadinya banjir pada tanggal 20 Desember 2017. Bocah berusia 9 tahun mencari ikan di sungai. Namun setelah menjaring ikan di sungai, ia melihatan bersama tiga rekanya ini terpaku pada sebuah benda keras yang ikut terjaring pada jaring yang diangkat keatas Kontan ilham dan ketiga rekanya menduga benda itu adalah patung peninggalan kerajaan masa silam. Setelah ia dan tiga rekannya menarik benda itu ke pinggir sungai. Benda tersebut adalah sebuah Mortir 81 Tempela, bahkan sempat benda tersebut sempat dibuat mainan, Senin, 1/1/2018.
 
Informasi yang dihimpun secara bersamaan warga masyarakat desa Bulu melintas, merasa curiga anak-anak ramai bermain di sungai sempat mendekati dan mengamankan sejenis bom yang ditemukan tak jauh dari jembatan Masjid Al Ustman ini termasuk berukuran paling besar. Di bagian depan bom yang berbentuk silinder ini terdapat semacam penarik picu. Sedangkan hulu ledaknya, berada di bagian pangkal. Sampai saat ini tak diperoleh kepastian waktu bom itu dibuat. Bom ini diduga memiliki daya ledak tinggi  dan getaran ledak hingga ratusan kilometer. Pasalnya bom ini adalah jenis yang biasa dijatuhkan dari atas pesawat atau diluncurkan kapal laut.

Sementara Danramil 0810/04 Brebek yang diwakili Babinsa Koramil 0810/04 Serda Sunaryo didampingi Serka M.Imam Batikomsos mengantar penemuan Mortir 81 Tempela ke Mapolsek Brebek. Mortil itu diduga sisa Perang Dunia II dan masih aktif. Untuk pengamanan sementara, bom yang ditemukan Ilham itu diamankan di Mapolsek Brebek.

0 Komentar