Rabu, 03 Januari 2018 14:26 WIB

Presiden Jokowi Lantik Djoko Setiadi Jabat Kepala Badan Siber

Editor : Amri Syahputra
pelantikan Djoko Setiadi Sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Rabu, 3/1/2017. Presiden Joko Widodo melantik purnawirawan Mayor Jenderal Djoko Setiadi menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara di Istana Negara, Jakarta Pusat.
.
Sebelum dilantik, Djoko Setiadi menjabat Kepala Lembaga Sandi Negara.
.
Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden‎ Nomor 173/P/2017 tentang Pemberhentian Kepala Lembaga Sandi Negara  dan Pengangkatan Kepala BSSN tahun 2017-2022.
.
Pelantikan Kepala BSSN dihadiri, antara lain Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Kepala BPOM Penny K. Lukito.
.
BSSN merupakan lembaga negara baru yang dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN.
.
Perpres tersebut ditandatangani oleh Kepala Negara pada 16 Desember 2017.
.
Sebelum perubahan dilakukan, BSSN merupakan lembaga pemerintah di bawah Menkopolhukam.
.
Namun, kini BSSN berada dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden.
.
Sebelumnya, pembentukan BSSN Berdasar Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2017 yang ditandatangani pada 19 Mei 2017.
.
Lembaga ini bertugas mendeteksi dan mencegah kejahatan siber dengan menjaga keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

‎Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa Badan Siber dan Sandi Negara adalah sebuah badan yang sangat penting.

Kedepan sangat diperlukan oleh negara, terutama dalam mengantisipasi kejahatan dunia siber seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat.

“Karena itu, diperlukan perubahan dalam rangka penguatan peran dan fungsi BSSN ke depannya,” kata Jokowi di Jakarta, Selasa (2/1/2017).


0 Komentar