Senin, 08 Januari 2018 21:36 WIB

Indonesia Diserbu TKA, Pemerintah Diminta Prioritaskan Pekerja Lokal

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Serbuan tenaga kerja asing (TKA), pemerintah diminta agar memberikan akses pekerjaan seluas-luasnya bagi puta-putri Indonesia. Selama kapasitas pekerjaannya masih bisa menggunakan tenaga lokal, mestinya tak perlu merekrut TKA.

Demikian penegasan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 08/1/2018.

“Serbuan TKA tidak boleh terjadi karena mereka pasti mencari pekerjaan untuk dirinya, sementara kita membutuhkan pekerjaan itu. Banyak masyarakat kita yang membutuhkan pekerjaan,” kata Fadli Wakil Ketua DPR RI.

Menurut Fadli, pekerjaan yang diakses ke publik mestinya diseleksi dulu. Bila pekerjaan itu tidak ada ahlinya di dalam negeri, baru pemerintah bisa menarik para pekerja asing untuk sebuah proyek pekerjaan. Hukum juga harus ditegakkan dalam isu tenaga kerja ini. Regulasi menyangkut TKA bisa dijabarkan jenis pekerjaannya, apa saja yang bisa dilakukan oleh TKA.

Lanjut Fadli menyangkut TKA ini mengemuka, lantaran para TKA sudah membanjiri ruang-ruang kantor dan proyek pekerjaan lapangan yang sesungguhnya masih bisa dilakukan masyarakat Indonesia sendiri.

“Kalau orang Indonesia bisa, harusnya diprioritaskan. Selain untuk menyerap tenaga kerja juga untuk mengurangi pengangguran. Batasi TKA dengan menegakkan aturan yang fair dan berikan prioritas pekerjaan pada masyarakat Indonesia yang membutuhkan pekerjaan itu,” seru Fadli lagi.


0 Komentar