Selasa, 09 Januari 2018 10:18 WIB

Angkatan Laut Israel Tangkap 2 Nelayan dan Sita Kapal Nelayan di Jalur Gaza Utara

Editor : Amri Syahputra

Gaza, Tigapilarnews.com - Pada hari Senin, 08 Januari 2018, kapal perang Israel mengejar dan melepaskan tembakan ke kapal nelayan Palestina. Pasukan angkatan laut Israel kemudian menangkap 2 nelayan dan menyita sebuah kapal nelayan yang diawaki oleh mereka.

Pusat Hak Asasi Manusia Palestina (PCHR) memantau peningkatan serangan Israel terhadap nelayan di Laut Gaza, selain melakukan penembakan dan penembakan terus menerus terhadap mereka sejak pukul 06:00 pada hari Senin pagi, meskipun berlayar di dalam area penangkapan ikan yang diperbolehkan.

Menurut penyelidikan PCHR, kira-kira pukul 12:00 pada hari Senin, 08 Januari 2018, kapal perang Israel berangkat dari pantai Al-Waha Resort, sebelah barat laut Beit Lahia di jalur Gaza utara, Israel melepaskan tembakan ke kapal nelayan Palestina yang berlayar dalam jarak 3 mil.

Kapal-kapal perang Israel kemudian mengepung sebuah kapal nelayan milik Mohamed Omar al-Najjar. Perahu nelayan diawaki oleh Jehad Suhail Murad (25) dan Mostafa Mohamed Murad (18), keduanya berasal dari kamp pengungsi al-Shati di Kota Gaza.

Tentara angkatan laut Israel kemudian memaksa mereka untuk melepaskan pakaian mereka, melompat ke air dan berenang menuju kapal perang Israel. Para nelayan kemudian ditangkap saat kapal tersebut disita.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, PCHR sangat mengutuk serangan Israel yang terus berlanjut terhadap nelayan Palestina di Jalur Gaza dan meminta :

1.Segera mengakhiri pelanggaran Israel terhadap nelayan dan membiarkan mereka berlayar dan memancing dengan bebas di Laut Gaza.

2.Melepaskan nelayan yang ditangkap oleh pasukan Israel.

3.Mengajak masyarakat internasional, termasuk Para Pihak Tinggi untuk Konvensi Jenewa Keempat 1949, untuk campur tangan untuk menghentikan semua pelanggaran Israel terhadap nelayan dan membiarkan mereka untuk menangkap ikan dengan bebas di Laut Gaza.


0 Komentar