Kamis, 11 Januari 2018 23:58 WIB

LSM Memperingatkan Trump Untuk Tidak Memotong Dana ke UNRWA

Editor : Amri Syahputra

Ancaman pemerintah AS untuk memotong dana ke UNRWA, hal ini akan memiliki konsekuensi buruk jika diterapkan, LSM dan pejabat pemerintah berbagai negara telah memperingatkan AS.

Dewan Pengungsi Norwegia - sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja sama dengan UNRWA di wilayah Palestina yang diduduki dan di seluruh wilayah - mengkritik posisi yang diambil oleh pemerintah AS dan memperingatkan bahwa tindakan tersebut akan berdampak buruk pada orang-orang Palestina.

"Mengancam untuk memotong bantuan untuk tujuan politik bagi jutaan warga sipil yang membutuhkannya adalah apa yang telah kita harapkan dari rejim yang tidak demokratis, bukan donor kemanusiaan terbesar di dunia," kata Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa Jan Egeland.

"Memotong dana ke UNRWA tidak akan menghasilkan apapun kecuali mendorong jutaan orang Palestina masuk ke dalam kemiskinan dan keputusasaan."

Laporan bahwa pemerintah AS telah menahan dana sebesar $ 125 juta karena dana tersebut akan dikirim ke UNRWA yang dikutip oleh Reuters.

"Berdasarkan percakapan ekstensif dengan lawan bicara di pemerintahan AS, pemahaman kami adalah bahwa tidak ada keputusan mengenai pendanaan Amerika kepada UNRWA," Christopher Gunness, direktur advokasi dan komunikasi strategis UNRWA, mengatakan pada hari Rabu.

"Banyak layanan kami untuk warga Palestina bekerja sama dengan UNRWA. Jadi, kami akan melakukan yang terbaik untuk melanjutkan layanan kami, namun kenyataannya adalah tidak ada agen bantuan lain yang dapat mengambil alih pekerjaan UNRWA. "

Kenneth Roth, direktur eksekutif Human Rights Watch, juga mengutuk langkah Trump.

"Jika pemerintah A.S. melanjutkan taktik intimidasi ini, pemerintah lain harus masuk untuk mengisi celah sehingga program tidak dipaksa untuk ditutup."katanya

"UNRWA akan terus bekerja tanpa lelah untuk memastikan pelaksanaan penuh dari mandat kita didukung oleh Majelis Umum, yang telah menggambarkan peran kita sebagai hal yang sangat diperlukan."

Duta Besar Swedia untuk U.N., Olof Skoog, mengatakan pada hari Selasa bahwa dia telah mengemukakan keprihatinannya kepada duta besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

"Kekhawatiran saya adalah saat kita membicarakan stabilitas regional, menarik dana untuk UNRWA akan sangat negatif," kata Skoog kepada wartawan di markas U.N., menurut AFP.

Skoog mengatakan bahwa dia tidak mengesampingkan masalah tersebut di Dewan Keamanan, yang dijadwalkan mengadakan pertemuan reguler mengenai konflik Israel-Palestina pada 25 Januari.

Swedia adalah salah satu dari 10 donor teratas untuk UNRWA bersama dengan Inggris, Jerman, Uni Eropa, Arab Saudi dan A.S.


0 Komentar