Sabtu, 27 Januari 2018 10:21 WIB

Tentara Israel Serang Aktivis Perdamaian di Kufur Qaddoum

Editor : Amri Syahputra

Kufur Qaddoum, Tigapilarnews.com - Meskipun hujan deras, puluhan warga Palestina, dan aktivis perdamaian internasional, berbaris di kota Kufur Qaddoum, sebelah timur kota Qalqilia, Tepi Barat utara, dan meneriakkan untuk melawan kependudukan ilegal Israel yang sedang berlangsung, dan untuk membebaskan tahanan tersebut, terutama yang menghadapi kondisi serius dan dirampas dari perawatan medis yang dibutuhkan.

Morad Eshteiwi, koordinator Komite Populer terhadap Tembok dan Koloni Annex di Kufur Qaddoum, mengatakan bahwa para pemrotes bergerak setelah shalat Jumat, dan menuju ke tanah mereka, dekat dengan koloni Israel Kedumim yang ilegal, yang dibangun di atas tanah yang disita secara ilegal.

Dia menambahkan bahwa para pemrotes meneriakkan pembebasan Palestina, termasuk ibu kotanya yang diduduki Yerusalem, dan menyerukan pembebasan semua tahanan politik, terutama mereka yang menghadapi kondisi kesehatan yang serius dan memburuk, namun ditolak untuk perawatan khusus yang dibutuhkan.

Mereka meneriakkan untuk membebaskan tahanan Israa 'Ja'abis, yang diculik pada bulan Oktober 2015, setelah sebuah tabung gas yang dibawa pulang ke rumah, meledak di mobilnya, dekat sebuah pos pemeriksaan militer di sebelah timur Yerusalem. Dia dijatuhi hukuman 11 tahun penjara setelah dituntut dengan "melakukan serangan terhadap tentara tersebut."

Para pemrotes juga mengutuk kematian tahanan Hussein Hosni Atallah, 57, dari kota Nablus, Tepi Barat utara, yang meninggal di pusat medis Israel Assaf Harofeh; Ia menderita kanker di paru-paru, tulang belakang, hati, pankreas dan otaknya, namun ditolak perawatan medisnya sampai terlambat.

Eshteiwi mengatakan bahwa para pemrotes mengecam kebijakan ilegal Israel untuk merampas tahanan dari perawatan medis yang dibutuhkan, terutama perawatan khusus, sebuah isu yang menyebabkan banyak orang menderita komplikasi serius, dan menyebabkan kematian beberapa tahanan.


0 Komentar