Selasa, 30 Januari 2018 12:33 WIB

Tontowi/Liliyana Dibatalkan Tampil di India Terbuka 2018

Editor : Yusuf Ibrahim
Tontowi Ahmad bersama Liliyana Natsir. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Salah satu andalan bulu tangkis Indonesia di nomor ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dipastikan mundur dari turnamen level 4 (Super 500) India Terbuka 2018.

"Semalam Tontowi sendiri yang telepon saya dan sampaikan keraguan untuk tanding dengan kondisi dia yang kurang maksimal. Jadi saya putuskan untuk cancel saja di India Open. Keadaan seperti ini memang tidak bisa dihindari, harus dijalani. Lebih baik mereka persiapkan diri jelang All England," kata Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI, Richard Mainaky, dalam keterangan PBSI, di Jakarta, Selasa (30/01/2018).

Saat dikonfirmasi, Richard menyebutkan kondisi Tontowi kurang siap untuk turun di India kemungkinan karena sebelum Indonesia Masters pekan sebelumnya, persiapan dan konsentrasi Owi (sapaan akrab Tontowi), sedikit terganggu jelang kelahiran anak keduanya.

"Jadi kelihatan di final Indonesia Masters kemarin tidak tahan fokus dalam menghadapi tekanan-tekanan dari pasangan China Zheng Siwei/Huang Yaqiong, sehingga tidak bisa menjalankan pola dan strategi untuk meredam serangan Zheng/Huang," ujarnya lagi.

Ganda campuran merupakan salah satu nomor tumpuan Indonesia saat ini, selain ganda putra. Mundurnya Tontowi/Liliyana ini membuat target tim ganda campuran pada India Terbuka 2018 lantas bergeser.

"Targetnya tetap semaksimal mungkin, minimal lolos ke semifinal dulu," ujar dia pula.

Tanpa Tontowi/Liliyana, nomor ganda campuran menyisakan tiga wakil yang akan bertanding di India Terbuka 2018. Mereka adalah Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Pada putaran pertama, Praveen/Melati akan bertemu dengan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia). Jika lolos, Praveen/Melati kemungkinan bertemu dengan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto.

Namun dengan catatan Ricky/Debby harus melewati laga pertama melawan Mak Hee Chun/Ting Yeung Nga (Hong Kong).

Sedangkan Hafiz/Gloria sudah ditunggu wakil tuan rumah yang juga unggulan kedelapan Pranaav Jerry Chopra/Sikki Reddy N.

Para pemain Indonesia akan bertanding pada putaran utama India Terbuka 2018 yang dimainkan pada Rabu (31/1).(ant)


0 Komentar