Selasa, 30 Januari 2018 13:43 WIB

Slovenia Bergerak Untuk Mengakui Negara Palestina

Editor : Amri Syahputra
Bendera negara Palestina dan Slovenia

Pemerintah Slovenia memutuskan untuk bergerak maju dengan rencana dari seminggu terakhir, untuk mengenali negara Palestina, sumber media melaporkan. Parlemen Slovenia akan mengajukan berkas, pada hari Rabu, sebuah rancangan resolusi yang mengakui negara Palestina.

Pemerintah Slovenia berharap bahwa anggota parlemen akan memilih untuk mendapatkan pengakuan dan menjadi negara kedua yang melakukannya sebagai negara anggota UE, kata menteri luar negeri Slovenia Karl Erjavec pada hari Senin, menurut Al Ray.

"Semua orang (negara anggota UE lainnya) mendukung langkah Slovenia yang akan terjadi jika parlemen hijau menyoroti usulan untuk mengakui negara Palestina," kata Erjavec kepada saluran TV POP swasta.

Menteri tersebut berbicara dari Brussels, di mana presiden PA Mahmoud Abbas bertemu dengan para menteri luar negeri Eropa, kepada siapa dia mendesak pengakuan tersebut.

Dari 28 negara anggota Uni Eropa (UE), Swedia pertama kali secara resmi mengakui negara Palestina pada 2014. Delapan negara lainnya mengambil langkah sebelum memasuki UE: Republik Ceko, Slowakia, Hungaria, Bulgaria, Rumania, Malta dan Siprus.

Komite urusan luar negeri parlemen Slovenia akan bertemu di Ljubljana pada 31 Januari, untuk menyetujui usulan tersebut sebelum mengirimkannya ke parlemen, yang dapat memberikan suara untuk mengeluarkan isu tersebut dalam sebuah sesi pada bulan Maret atau April, menurut televisi publik Slovenia RTV.

"Dengan mengakui hal itu, Slovenia akan memperkuat perundingan Palestina dalam proses perdamaian Timur Tengah. Kami memiliki kebijakan luar negeri yang independen, kita tidak memerlukan negara lain untuk menutupi bagian belakang kita, "kata Erjavec.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri PA, Riyad Maliki telah menegaskan kembali ambisi pemerintah untuk diberikan status anggota penuh PBB menjelang pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada tanggal 20 Februari.

Maliki menyoroti perlunya perlindungan internasional bagi orang-orang Palestina yang menderita di bawah kependudukan Israel.

Maliki mengatakan mereka akan meminta Dewan Keamanan untuk memperbarui kewajiban terhadap resolusi masa lalu mengenai bangunan permukiman Israel, yaitu Resolusi 2334.

Resolusi 2334 mengutuk 'semua tindakan yang ditujukan untuk mengubah komposisi demografi, karakter dan status Wilayah Palestina yang diduduki sejak 1967'.

Pertemuan mendatang Dewan Keamanan akan dipimpin oleh Kuwait. Pertemuan dewan tertutup bulanan akan diadakan pada tanggal 20, dengan pertemuan berturut-turut pada hari-hari berikutnya untuk memeriksa lebih lanjut masalah keamanan di Timur Tengah, serta pelaksanaan resolusi masa lalu.

Sebelum pertemuan Dewan Keamanan, Perdana Menteri Rami Hamdallah akan pergi ke Brussels untuk bertemu dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan kemudian akan menghadiri konferensi donor tersebut.

Maliki menegaskan bahwa pengakuan Slovenia terhadap Palestina akan menjadi topik yang dibahas dan akan diajukan ke Parlemen pada hari Rabu. Jika disetujui, itu akan diberlakukan dalam beberapa bulan mendatang.


0 Komentar