Rabu, 31 Januari 2018 09:33 WIB

Gerhana Supermoon, BMKG Peringatkan Penduduk Pesisir Pantai pasang surut Air Laut

Editor : Amri Syahputra
Ilustrasi Supermoon

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan penduduk yang tinggal di wilayah pesisir banjir pasang surut atau naiknya permukaan air laut selama sebuah supermoon, yang diperkirakan akan terjadi bersamaan dengan gerhana bulan total pada hari Rabu.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan warga harus tetap waspada, karena permukaan air laut bisa naik hingga 1,5 meter karena kekuatan gravitasi matahari dan bulan.

"Naiknya permukaan laut akan mempengaruhi transportasi di dekat pelabuhan dan pantai, serta aktivitas petani garam, perikanan air tawar, serta bongkar muat di pelabuhan," kata Dwikorita dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut Dwikorita mengatakan bahwa fenomena bulan juga dapat menyebabkan permukaan laut surut 100-110 sentimeter dari 30 Januari sampai 1 Februari di beberapa provinsi, termasuk Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, serta pantai utara. Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Indonesia akan bisa menyaksikan terjadinya supermoon-saat bulan akan tampak lebih besar dan lebih terang dari biasanya-pada saat bersamaan dengan total gerhana bulan pada hari Rabu.

Menurut BMKG, fenomena tersebut bisa disaksikan paling baik di daerah yang terbentang dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur sampai ke barat Sumatera.

Puncak gerhana diperkirakan akan berlangsung pada pukul 8:29 malam. waktu lokal.


0 Komentar