Jumat, 02 Februari 2018 07:05 WIB

Sebelum Reses, Ketua DPR Targetkan RUU MD3 Diketok Palu

Editor : Rajaman
Bambang Soesatyo (dokluki)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan bahwa pembahasan Rancangan Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (RUU MD3) sudah menemui titik terang. Ia pun menargetkan RUU tersebut akan diketuk palu sebelum masa reses.

"Nanti, dalam minggu depan ini akan ada rapat di Baleg dengan pemerintah, supaya itu tidak jadi persoalan, sudah ada titik temu yang bisa disepakati bersama sehingga target kami pimpinan UU MD3 itu bisa kita selesaikan sebelum tanggal 14 sebelum reses sudah ketuk palu," katanya di Gedung DPR Senayan, Kamis, (01/02/2018).

Hari ini, pimpinan DPR RI bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona Hamonangan Laoly menggelar rapat pertemuan membahas ihwal RUU MD3. Kata Bamsoet, pemerintah sudah sepakat untuk penambahan kursi di DPR maupun MPR masing-masing satu. Namun, di Badan Legislasi menginginkan dua atau tiga kursi.

"Yang jadi persoalan kan suasana yang berkembang di Baleg itu pimpinan MPR, kalau pimpinan DPR sudah selesai satu, MPR itu berkembang tambahan dua atau tiga," katanya.

Untuk itu, sambung Bamsoet, nantinya pemerintah akan melakukan konsultasi dengan pihak terkait agar menemukan titik temu terkait persoalan tersebut. (Baca Juga: Badan Legislasi Sebut Pemerintah Hanya Ingin Tambah 1 Kursi Pimpinan DPR/MPR)

Bamsoet menilai antara DPR maupun MPR menemukan kesamaan pandangan. Sedangkan yang menjadi polemik berkaitan dengan anggaran sarana dan prasarana sehingga perlu dikonsultasikan.

"Ya, pertemuan cair artinya kita mencoba saling memahami karena kadang-kadang pertemuan formal itu sulit tapi ditemukanlah beberapa persamaan persepsi. Karena penambahan ini kan pasti terkait dengan anggaran, terkait dengan sarana dan prasarana, terkait dengan mobil dinas dan rumah dinas kan gitu. Nah, itu yang perlu dikonsultasikan," paparnya.


0 Komentar