Jumat, 02 Februari 2018 07:18 WIB

Kemendagri Akan Panggil Bupati-Wabup Tolitoli yang Ribut

Editor : Rajaman
Bupati dan Wabup Tolitoli Ribut (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bupati Tolitoli, Sulawesi Tengah, Mohammad Saleh Bantilan dan wakilnya, Abdul Rahman ribut saat pelantikan pejabat Kabupaten Tolitoli. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memanggil keduanya untuk duduk bersama menyelesaikan perselisihan.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono mengatakan pihaknya sudah meminta Gubernur Sulawesi Tengah untuk menggali keterangan bupati dan wakil bupati tersebut. Sebab kata Soni, bupati dan wakil bupati tersebut berada di bawah pengawasan Gubernur Sulawesi Tengah.

"Memang kata Gubernur, sementara waktu dilaporkan hubungan kedua orang tersebut itu memang sudah agak lama tidak serasi," kata Soni saat dihubungi, Kamis (1/2/2018).

Dikatakan Soni, jika masih belum 'rujuk', maka pihaknya akan memanggil kedua kepala daerah tersebut untuk meminta keterangan soal ribut yang terjadi. Kemendagri akan mendudukkan keduanya agar bisa akur dan bekerjasama dengan baik kembali. 

"Sementara waktu itu akan didudukkan kembali untuk dicoba difasilitasi supaya kerjasama bisa lebih baik. Kami dari Kemendagri tentu juga akan panggil mereka berdua," kata Soni.

Rencanaya, pemanggilan tersebut akan dilakukan Kemendari pada pekan depan. Saat ini Kemendagri masih menunggu upaya dari Gubernur Sulawesi Tengah untuk memediasi keduanya.

"Paling tidak minggu depan harus bisa dipanggil. Kalau bupati itu Dirjen yang nanti akan menemui. Jadi kalau konflik atau adanya perpecahan seperti ini kita harus mencari solusinya, dimediasi supaya duduk bersama kembali," kata Soni.


0 Komentar