Senin, 05 Februari 2018 10:45 WIB

Katulampa Siaga I, Ini Wilayah Jakarta yang Diprediksi Banjir

Editor : Rajaman
Bendungan Katulampa (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bendungan Katulampa, Bogor, telah ditetapkan berstatus Siaga I. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memperkirakan dalam beberapa jam ke depan debit air akan tiba di Pintu Air Manggarai, Jakarta, dan banjir akan melanda sejumlah daerah di ibu kota.

"Diprediksikan sekitar 9 jam ke depan debit banjir akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta. Banjir diprediksi akan menggenangi bantaran sungai di sekitar wilayah di Jakarta seperti daerah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina dan Kampung Melayu," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/2/2018).

Namun, diprediksikan pula banjir tidak akan terjadi dalam skala besar dan meluas. Sutopo menyebutkan sungai lain di wilayah Jakarta masih dalam kondisi normal.

"Diprediksi banjir tidak akan besar dan meluas karena hujan tidak merata. Sungai-sungai lain di wilayah Jakarta masih level normal atau aman seperti Kali Krukut, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Karet, dan Kali Pesanggrahan sehingga banjir diperkirakan hanya terjadi di permukiman di bantaran sungai. Daerah-daerah lain masih aman," jelasnya.

Meskipun begitu, ia tetap mengimbau warga, khususnya yang berada di kawasan Sungai Ciliwung untuk waspada. Sutopo meminta warga untuk tidak beraktivitas di wilayah sekitar sungai dan segera mengevakuasi barang-barang rumah tangganya.

"Dengan status Siaga 1 Bendung Katulampa, maka warga di sekitar Sungai Ciliwung diimbau untuk waspada. Masyarakat yang tinggal di pinggiran bantaran sungai Ciliwung di wilayah Bogor agar tidak melakukan aktivitas di sungai, seperti di Katulampa, Sukasari, Barangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Pabaton, Kedung Badak, dan Kedung Halang. Begitu juga masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung di daerah Depok," sebutnya.

"Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sungai dan dapat mengevakuasi barang-barang rumah tangga ke tempat yang aman, khususnya bagi permukiman di bantaran sungai Ciliwung," imbuh Sutopo.

Atas status Bendungan Katulampa itu, BPBD Kabupaten Bogor dan BPBD DKI Jakarta telah bersiaga. Peralatan, logistik, dan personel disiapkan untuk mengantisipasi banjir.

"BPBD Kabupaten Bogor dan BPBD DKI Jakarta telah menyebarkan informasi peringatan dini banjir kepada masyarakat, aparat Lurah dan Kecamatan. Peralatan, logistik, dan personil disiapkan untuk melakukan antisipasi banjir," terangnya.

Akibat intensitas hujan yang tinggi sejak semalam, Minggu (4/2/2018), genangan air terjadi di daerah Kampung Makassar, Cipinang Melayu, Jaktim. Permukiman Kampung Melayu juga terendam banjir kiriman akibat meluapnya Sungai Ciliwung. 


0 Komentar