Jumat, 09 Februari 2018 15:31 WIB

Trump dan Modi India Bahas Afghanistan, Krisis Rohingya Dalam Panggilan Telepon

Editor : Amri Syahputra
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri India Narendra Modi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara melalui telepon dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, membahas beberapa topik regional, termasuk perang di Afghanistan dan penderitaan pengungsi Muslim Rohingya di Burma.

Kedua pemimpin tersebut mengulangi komitmen mereka terhadap keamanan Afghanistan, sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan pada 8 Februari.

Washington baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya telah memotong bantuan ke Pakistan, tetangga India dan saingan regional yang pahit, atas tuduhan bahwa Islamabad telah menyediakan tempat yang aman bagi pemberontak yang beroperasi di Afghanistan, sebuah klaim yang disangkal Pakistan.

Pada saat yang sama, pemerintahan A.S. telah memulai upaya untuk meningkatkan hubungan militer dan ekonomi dengan India, untuk menyeimbangkan kebijakan luar negeri China yang lebih tegas di Asia.

India telah meningkatkan bantuan ke Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir dan telah berjanji untuk memberi Kabul lebih banyak senjata.

Trump dan Modi juga menangani situasi lebih dari 680.000 Muslim Rohingya yang telah meninggalkan Birma mayoritas Buddha ke negara tetangga Bangladesh sejak tahun lalu.

Pasukan militer Burma telah dituduh menganiaya ratusan ribu warga sipil Rohingya dan membakar desa-desa setelah serangan militan Rohingya musim panas lalu.


0 Komentar