Senin, 26 Februari 2018 10:36 WIB

Komisi I Diminta Panggil Pihak IG Terkait Akun Ustadz Somad Diblokir

Editor : Rajaman
Akun Ustaz Somad di Banned (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemblokiran akun Instagram (IG) milik Istadz Abdul Somad, yakni @ustadzabdulsomad, sejak Sabtu lalu, mengundang pertanyaan sejumlah pihak. Bahkan, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah turut mengomentari pemblokiran tersebut.

Fahri mengatakan, jika benar ternyata dasar pemblokiran akun Abdul Somad adalah politik yang partisan, maka hal tersebut patut dipertanyakan.

“Uztadz Abdul Somad adalah ulama yang dihormati pemikirannya. Ini bisa dilihat dari jumlah follower-nya yang hinga 1,5 juta. Karenanya, jangan sampai ada orang yang berbuat zalim kepada dia,” kata Fahri dalam keterangan pers, Senin (26/2/2018).

Menurut politisi PKS itu, walau kehadiran akun media sosial seperti Instagram telah menguntungkan kehidupan demokrasi, namun beberapa hal tak boleh dimasuki.

“Kehadiran sosial media tidak boleh masuk ke wilayah politik yang partisan. Misalnya memblokir instagram atau akun ulama yang sudah punya follower jutaaan,” tambahnya lagi.

Lantas, Fahri meminta pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan klarifikasi. Selain itu dia juga mengusulkan Komisi I DPR untuk memanggil pihak pemilik Instagram pada awal masa sidang tanggal 5 Maret 2018 mendatang.

“Saya minta Komisi I DPR memanggil perwakilan perusahaan sosial media secara umum dan Instagram secara khusus untuk menemukan titik terang apa yang terjadi dengan akun Ustadz Abdul Somad,” pintanya.

Soal pemblokiran akun Instagramnya, Ustad Abdul Somad sendiri mengaku tidak tau menahu soal pemblokiran itu. Bahkan, dirinya sempat menanyakan ke teman-teman di Kominfo, dan mendapat jawaban kalau pihak Kominfo tidak pernah meminta suspend atau takedown akun miliknya tersebut. 


0 Komentar