Senin, 26 Februari 2018 14:14 WIB

Anak Badak Jawa Lahir di Alam Liar

Editor : Rajaman
Badak Jawa (ist)

PANDEGLANG, Tigapilarnews.com - Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) melakukan monitoring sepanjang 2017 dan menemukan 67 ekor Badak Jawa. Salah satunya sebuah foto seekor anak Badak Jawa dengan ibunya.

"Itu kurang lebih usia 1 tahun," kata Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat dalam rilis hasil monitoring Badak Jawa di 2017, Pandeglang, Senin (26/2/2018).

Foto tersebut ditemukan kurun 2017 lalu. Anak dan ibu Badak Jawa itu tengah asyik makan di alam bebas, tanpa sadar ada kamera yang memonitor pergerakan mereka.

Saat ini Balai TNUK memasang ekitar 100 kamera video trap yang ditempatkan di Semenanjung Ujung Kulon. Sepanjang 2017, terekam 736 klip video Badak Jawa dengan identifikasi 57 ekor. Sedangkan 10 individu badak yang terekam di tahun sebelumnya kemungkinan pindah jalur di luar pengamatan kamera. 

"Hasil pemantauan lapangan tim monitoring tidak ada tanda-tanda kematian Badak Jawa," kata Mamat. 

Mamat mengatakan, 67 ekor badak di TNUK dengan komposisi 37 jantan dan 30 betina. 13 Ekor di antaranya masih dalam umur anak. 

"Ditemukan klip video Badak Jawa dalam jumlah besar menunjukan populasi badak di TNUK masih mengalami perkembangbiakan dengan baik," katanya. 

Pada 2017, pihak balai berhasil merekam Badak Jawa yang sedang kawin di alam liar. Rekaman ini menurutnya pertama kali terekam di Indonesia. Apalagi, Badak Jawa dikenal sebagai habitat yang sangat soliter dan sulit ditemui. 

"Kami berhasil merekam Badak Jawa sedang kawin, ini hanya ada di Indonesia, di alam baru pertama kali terekam," ujarnya. 


0 Komentar