Selasa, 27 Februari 2018 16:20 WIB

Polri Komitmen Ungkap Tuntas Aktor Intelektual MCA

Editor : Yusuf Ibrahim
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bareskrim Polri baru saja mengungkap kelompok Muslim Cyber Army (MCA) dengan total tersangka 14 orang.

Saat ini polisi sedang berupaya menangkap salah seorang lagi tersangka yang berada di luar negeri.

"Tim sudah bergerak juga melakukan pengembangan. Ada satu tersangka yang sudah kita kejar, (keberadaan tersangka) tidak di Indonesia," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal, kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2018).
 

Iqbal mengatakan kelompok MCA ini ditindak karena menyebar ujaran kebencian dengan nada SARA, berita bohong (hoax) dan isu profokatif seperti penculikan ulama. Kelompok yang tergabung dalam grup WhatsApp 'The Family MCA' ini juga mengirimkan virus ke pihak yang mereka anggap lawan.

Menurut informasi, tersangka yang dimaksud berada di Korea Selatan. Iqbal pun membenarkan informasi tersebut. "Benar, salah satu (tersangka)-nya (berada di Korea Selatan)," ucap Iqbal.

Polri berkomitmen mengungkap tuntas aktor intelektual di balik kegiatan MCA. "Kami akan mengejar siapapun yang ada di belakang ini," tegas Iqbal.
"Handphone kita bisa rusak," ujar Iqbal.

Dia mengatakan penindakan terhadap kelompok MCA ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di momen tahun politik.

"Ini semua adalah upaya harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) agar keamanan dan ketertiban masyarakat di republik ini stabil, apalagi menjelang tahun politik," terang dia.


Polisi menangkap sebanyak 6 orang pelaku penyebaran isu provokatif dan pencemaran nama baik kemarin, Senin (26/2). Kasubdit I Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar menambahkan ada 8 orang lainnya yang juga ditangkap terkait kasus serupa. Sehingga total pelaku yang sudah ditangkap ada 14 orang.(exe/ist)


0 Komentar