Rabu, 28 Februari 2018 16:01 WIB

Swedia Menjadi Tuan Rumah Konferensi Donor Untuk Badan PBB UNRWA

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Swedia akan menjadi tuan rumah konferensi donor bulan depan untuk membantu mengisi celah pendanaan di badan PBB untuk pengungsi Palestina yang disebabkan oleh keputusan AS untuk mengurangi bantuan.

Konferensi 15 Maret di Roma, yang diselenggarakan oleh Swedia, Yordania dan Mesir, akan dihadiri oleh sekretaris jenderal PBB Antonio Guterres dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini. Kedua pejabat tersebut meminta negara-negara untuk masuk dan mengisi celah yang tersisa dari pemotongan AS.

Amerika Serikat mengumumkan pada bulan Januari bahwa mereka akan memberi $ 60 juta kepada UNRWA - sebagian kecil dari kontribusi tahunan lebih dari 350 juta dolar yang sebelumnya telah diberikan kepada anggaran badan PBB.

"Apa yang kita butuhkan adalah agar UNRWA dapat mempertahankan layanannya. Ini bukan hanya perintah kemanusiaan, tapi juga penting bagi stabilitas di wilayah yang lebih luas," kata duta besar Swedia Carl Skau.

Penyelenggara konferensi berkoordinasi erat dengan Amerika Serikat "yang mendukung" upaya tersebut, tambahnya.

Amerika Serikat adalah donor tunggal terbesar untuk UNRWA, yang menyediakan sekolah dan klinik kesehatan untuk 5,3 juta pengungsi di wilayah Palestina, Yordania, Lebanon dan Suriah.

Bulan lalu, Duta Besar AS Nikki Haley mengatakan bahwa Washington tidak akan memberikan bantuan tersebut sampai Palestina setuju untuk "kembali ke meja perundingan" dan mencapai kesepakatan damai dengan Israel.

Sejak keputusan AS, Kuwait telah berhasil masuk untuk menyumbang $ 900.000 dan sekitar 15 negara donor, termasuk Swedia dan Jepang, memutuskan untuk mempercepat sumbangan mereka agar UNRWA tetap berjalan.


0 Komentar